Jelang Pemilu 2024, Polres Malinau Terus Sambangi Elemen Masyarakat Untuk Ajak Wujudkan Pemilu Damai

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Sarana komunikasi untuk menyerap aspirasi dan mempererat silaturahmi kepada masyarakat, Kepolisian Resor (Polres) Malinau kembali menggelar tatap muka yang bertajuk Jum’at Curhat dengan Tokoh Agama yang pada kesempatan ini dilakukan bersama Ustadz Suriansyah bertempat di Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota, Kebupaten Malinau, Jum’at (8/12).

Dalam kegiatan Jum’at Curhat ini, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., diwakili Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom dan didampingi PS. Kaurbinopsnal Satbinmas AIPDA Andi Ashar serta PS. Kanitbinpolmas AIPDA Homaidi, S.H.

Suasana yang penuh kebersamaan, Kasat Binmas Polres Malinau menerangkan program Jum’at Curhat ini juga menjadi wadah serta sarana membuka pintu komunikasi dua arah, yaitu masyarakat dan petugas Kepolisian. Hal ini dinilai bermanfaat bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi dan masukan bagi Kepolisian, dan disisi lain berguna untuk membuka ruang penyampaian himbauan-himbauan Kepolisian kepada masyarakat.

“Kami setiap seminggu sekali melakukan kegiatan Jum’at Curhat dengan tujuan untuk menampung saran-saran dan aspirasi masyarakat maupun para Tokoh. Kami juga ingin menggali permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat sehingga Polri mengetahui setiap permasalahan yang terjadi serta dapat duduk bersama untuk mencari penyelesaian dan solusi sehingga akan terciptanya situasi yang kondusif. Selain itu, kunjungan kami ke Tokoh Agama yang pada siang ini bersama Ustadz Suriansyah juga tak lain bertujuan untuk silahturahmi dan mempererat hubungan antara Kepolisian dengan Tokoh Agama guna menjaga Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) diwilayah Kabupaten Malinau tetap aman dan kondusif,” ujar Kasat Binmas

Selain silaturahmi, Kasat Binmas juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berdiskusi tentang upaya Preemtif yang dapat dilakukan bersama-sama guna mengantisipasi potensi konflik atau gangguan keamanan menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Penguatan sumber daya manusia dan sinergi bersama seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat menjadi kunci sukses dalam menciptakan Pemilu serentak mendatang, khususnya diwilayah Kabupaten Malinau berjalan aman, sukses dan damai.

“Saat ini juga telah berlangsung Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 (OMB), dengan menjalin komunikasi yang baik antara Kepolisian dan Tokoh Agama dan elemen masyarakat lainya, diharapkan situasi keamanan Bumi Intimung ini dapat tetap kondusif dan mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 serentak mendatang yang aman, sukses dan damai,” tambahnya

Dalam dialog interaktif yang dikemas dalam program Jum’at Curhat ini, Ustadz Suriansyah juga mengucapkan terimakasih kepada Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom dan anggota yang sudah sudi berkunjung ke kediamanya untuk bertatap muka dan dialog langsung untuk membangun silaturahmi dan memberikan himbauan-himbauan terkait keamanan wilayah.

“Syukur alhamdulillah dalam acara kunjungan ini berjalan dengan penuh kekeluargaan serta keakraban. Kami mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas kunjungan pihak Kepolisian dan juga telah memberikan himbauan-himbauan tentang Pemilu yang damai. Semoga kinerja Kepolisan dalam menjaga keamanan Kabupaten Malinau ini menjadi ladang amal ibadah yang diberkahi Allah SWT. Harapan kami dari Tokoh Agama agar pihak Kepolisian juga tetap melaksanakan kegiatan kunjung Tokoh, merangkul para Tokoh-Tokoh lainya yang ada diwilayah Malinau sehingga nantinya situasi lebih sejuk lagi. Terkait kendala disini tidak ada, semua berjalan kondusif dan tentram, namun kami hanya meminta kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan ini tetap dijalankan bila perlu ditingkatkan seperti patroli pada jam-jam malam hari untuk meminimalisir adanya niat pelaku kejahatan saat masyarakat sedang istirahat malam,” ungkap Ustadz Suriansyah

Menanggapi hal tersebut, Kasat Binmas juga meminta kepada Tokoh Agama dan seluruh elemen masyarakat apabila mengetahui sekecil apapun permasalahan yang terjadi dilingkunganya agar segera disampaikan ke pihak Kepolisian baik melalui peran Bhabinkamtibmas maupun kantor Kepolisian terdekat.

“Kami dari pihak Kepolisian mengharapkan dukungan penuh dari semua elemen masyarakat yang ada untuk mensukseskan dan mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai. Kami mengajak para Tokoh Agama maupun elemen masyarakat lainya untuk tetap bersatu, tidak terpecah belah, apalagi bermusuhan dalam setiap tahapan Pemilu nanti. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat untuk menciptakan Pemilu yang aman, kondusif dan berjalan dengan lancar. Terkait penyampaian Pak Ustadz Suriansyah tadi kami akan tindaklanjuti, dengan meningkatkan patroli malam baik dari jajaran Polres maupun Polsek, terutama di lokasi-lokasi yang dijadikan tempat berkumpul masyarakat. Jadi sekali lagi kami disini juga membutuhkan dukungan dari masyarakat lewat peran aktif dalam menjaga Kamtibmas untuk menekan tindak kriminalitas khususnya pada malam hari,” tutup Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!