Kenang Hari Ibu, Ratusan Pelajar Ponorogo Basuh Kaki Ibu

PONOROGO-GemilangNews.Com

Momen hari ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, diperingati penuh makna oleh keluarga besar SMK Ki Hajar Dewantara,  Desa Gundik, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo.

Ratusan pelajar di sekolah tersebut berkumpul di halaman sekolah untuk menunjukkan baktinya kepada ibundanya masing-masing.

Menurut Kepala SMK Ki Hajar Dewantara, Umi M, pada peringatan hari ibu tahun 2019 pihaknya mewajibkan kedatangan ibu wali pelajar masing-masing anak.  “Momentum hari ibu ini kita buat spesial di sekolah kami karena tanpa ibu kita bukan siapa-siapa,” ujar Umi M kepada sejumlah awak media, Sabtu (21/12/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa seluruh pelajar di SMK Ki Hajar Dewantara wajib membasuh kaki ibunya menggunakan air bunga setaman yang sudah disiapkan di halaman sekolah.  “Secara bergantian anak-anak melakukan ritual membasuh kaki ibunya masing-masing,” ucapnya.

Selain itu pada momen hari ibu ini,  ibu para pelajar juga menyuapi anaknya (pelajar) berupa buceng (tumpeng) nasi lengkap dengan lauknya. “Tampak ibu-ibu penuh keikhlasan menyuapi anak-anaknya dengan nasi buceng dan lauk yang saling duduk berhadapan di halaman sekolah,” tambahnya.

Pihaknya berharap dengan kegiatan basuh kaki ibu dan menyuapi nasi buceng ini bisa saling menguatkan antara anak dengan ibu dan sebaliknya. Sebelum melakukan ritual para pelajar dan ibunya mendapat siraman rohani dari salah satu ustadz.

Sementara itu Eva Khoirunnisa salah satu pelajar SMK Ki Hajar Dewantara mengaku terharu dengan kegiatan peringatan hari ibu di sekolahnya. “Ibu memang luar biasa jadi sudah wajib dan sepantasnya,  kita berbakti kepada ibu setiap hari, setiap saat tidak hanya pada peringatan hari ibu saja,” aku Eva Khoirunnisa. (Muh Nurcholis)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] There you can find 29859 more Information on that Topic: gemilangnews.com/2019/12/21/kenang-hari-ibu-ratusan-pelajar-ponorogo-basuh-kaki-ibu/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!