Jum’at Curhat, Pengemudi Ojek di Pasar Pelangi Sampaikan Hal Ini Kepada Kapolres Malinau

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Kepolisian Resor (Polres) Malinau terus mengukuhkan komunikasi dua arah antara Kepolisian dan masyarakat dengan mengintensifkan program Jum’at Curhat yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus mendengarkan keluhan serta aspirasi masyarakat seputar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Selain sebagai sarana mempererat tali silaturahmi dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada warga masyarakat, program Jum’at Curhat yang aktif dijalankan Polres Malinau dan jajaran Polsek ini juga banyak menampung pesan, keluhan maupun aspirasi dari masyarakat terkait dengan situasi Kamtibmas yang ada di lingkungan masyarakat.

Dalam suasana yang penuh kebersamaan, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., didampingi Kasat Binmas IPTU Maruli Gultom dan PS. Kasubsi PIDM Si Humas AIPDA Subandi dengan humanis menyambangi Komunitas Pengemudi Ojek (Helm Kuning) yang sementara mangkal sembari menunggu penumpang di Pangkalan Ojek Pasar Pelangi Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Jum’at (26/1).

Dari kegiatan tersebut, salah satu Pengemudi Ojek yang sering di sapa Hasan menyampaikan sangat senang dengan kehadiran pimpinan-pimpinan Polri di Polres Malinau ini yang selalu hadir ditengah-tengah mereka, dikarenakan warga masyarakat khususnya para Komunitas Pengemudi Ojek (Helm Kuning) ini dapat langsung bertatap muka serta berdialog dengan pihak Kepolisian.

“Yang pertama kami disini sangat senang dengan hadirnya Bapak-Bapak Polisi ini yang telah meluangkan waktunya di tengah-tengah tugas dan tanggung jawabnya dalam menjaga keamanan masyarakat untuk bertatap muka sekaligus bincang-bincang dengan kami para Komunitas Pengemudi Ojek (Helm Kuning), apalagi yang turun langsung seorang Kapolres,” ujar Hasan

Dalam sesi curhat, Hasan yang merupakan salah satu Pengemudi Ojek yang hadir mewakili sejumlah rekan-rekanya mengaku ada perasaan takut ketika melayani masyarakat apabila terdapat seseorang penumpang yang tindak tanduk atau perilakunya yang mencurigakan.

“Kami sebagai Pengemudi Ojek, ketika sewaktu-waktu sedang mengantar penumpang dan kami tidak tau apa pekerjaan penumpang tersebut tiba-tiba di tengah jalan ada petugas Kepolisian menghentikan kami kemudian memeriksa penumpang tersebut dan dari penumpang itu didapati membawa barang terlarang atau barang yang berbau kriminal kami mohon kepada Kepolisian supaya tidak melibatkan kami dalam permasalahan tersebut, karena kami hanya mengantar penumpang. Mohon juga pak Kapolres Malinau Pak Heru penjelasanya ketika ada penumpang seperti itu yang mencurigakan, apa yang harus kami lakukan,” tanya Hasan

Sementara itu, Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., menanggapi hal tersebut dalam penyampaianya mengatakan, bahwa program Jum’at Curhat ini merupakan program komunikasi dua arah antara pihak Kepolisian yang dalam hal ini dari Polres Malinau bersama dengan masyarakat untuk membahas permasalahan seputar Kamtibmas dan pelayanan Polri di wilayah Kabupaten Malinau.

“Pada momen Jum’at Curhat yang rutin dilaksanakan ini sangat banyak sekali dampak positifnya, seperti yang disampaikan Pak Hasan tadi terdapat penyampaian yang membutuhkan solusi. Terkait dengan penyampaian tadi, apabila Bapak-Bapak Pengemudi Ojek disini mendapati penumpang yang tindak tanduknya mencurigakan, bisa langsung melaporkan ke anggota Polri yang paling dekat dengan posisi Bapak-Bapak semua baik secara langsung atau dengan menghubungi nomor layanan pengaduan yang ada di Polres Malinau. Kemudian, apabila ketika ada razia dan dari penumpang Bapak-Bapak ada didapati barang terlarang yang berbau kriminal kami minta jangan takut, selagi Bapak-Bapak semua tidak terlibat dan bersih tentu petugas akan melakukan tugasnya dengan profesional. Sebagai warga negara yang baik Bapak-Bapak wajib memberi kesaksian terkait dengan kejadian yang dialami penumpang Bapak,” jelas Kapolres Malinau

Dalam kegiatan Jum’at Curhat siang ini juga, Kapolres Malinau menyampaikan bahwa hubungan yang harmonis harus selalu dibangun oleh seluruh elemen masyarakat untuk membantu Polri dalam menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif, khususnya mejelang puncak Pemilu 2024 tahun ini.

“Melalui pertemuan ini, kami mengajak peran seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Malinau (Bumi Intimung) untuk ikut serta menjaga kondusifitas Kamtibmas selama tahapan Pemilu 2024 tahun ini. Salah satunya masyarakat diminta untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang berkembang dan diharapkan lebih dahulu memverifikasi informasi yang beredar di Medsos maupun media lainya. Kepada seluruh elemen masyarakat dihimbau tetap menjaga silaturahmi, menjaga persatuan dan kesatuan, boleh berbeda pilihan tetapi kebersamaan, kekeluargaan dan silaturahmi tetap harus terjaga,” tutup Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!