Sambangi Warga Binaan, Bhabinkamtibmas Polres Malinau Ajak Masyarakat Dukung Pemilu Damai

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Salah satu upaya dalam meningkatkan kemitraan Polri dengan elemen masyarakat serta untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas khususnya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, Kepolisian Resor (Polres) Malinau melalui peran Bhabinkamtibmas yang berada di tiap-tiap Desa melaksanakan sambang secara intensif ke warga binaan.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom menerangkan bahwa sambang warga Desa binaan tersebut merupakan kegiatan yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang dilakukan oleh seorang Bhabinkamtibmas jajaranya, petugas Kepolisian yang bertugas di tingkat Desa tersebut mengemban fungsi Preemtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.

“Menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif adalah himbauan utama yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas kami. Selain itu juga, sambang ini untuk menyerap informasi yang berkembang di masyarakat. Kegiatan sambang yang secara intensif dilaksanakan ini diharapkan dapat terjalin sinergitas kemitraan antara pihak Kepolisian dengan Tokoh Agama (Toga), Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Adat (Toda) dan seluruh elemen masyarakat lainya, sehingga masyarakat dapat membantu tugas Polri untuk bersama-sama menjaga kondusifitas Kamtibmas khususnya menjelang Pemilu 2024 mendatang yang saat ini sudah dimulai tahapanya,” ungkap IPTU Maruli Gultom saat ditemui pada Rabu (27/12).

Lanjutnya, IPTU Maruli Gultom menambahkan, saat melaksanakan sambang Bhabinkamtibmas jajaranya juga selalu menghimbau dan mengajak masyarakat yang disambangi agar bersama-sama menciptakan Pemilu 2024 yang damai dengan menghimbau untuk tidak terprovokasi dengan isu-isu yang belum tentu kebenarannya serta bijak dalam bermedia sosial.

“Dengan menyambangi masyarakat diwilayah binaannya, Bhabinkamtibmas kami juga menyampaikan pesan himbauan untuk masyarakat dalam mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2024 yang damai, aman dan sejuk. Di era digital yang terus berkembang ini saya minta juga jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang tidak diketahui kebenarannya, dan diharapkan juga tidak mudah terpancing serta terprovokasi dengan isu-isu atau berita Hoax yang sengaja disebarkan untuk memecah belah yang nantinya menyebabkan situasi Kamtibmas menjadi tidak kondusif. Berbeda pilihan boleh, tapi tetap jaga silaturahmi apapun perbedaan pilihanya,” tambahnya

Hingga sampai saat ini, situasi dan kondisi Kamtibmas diwilayah Kabupaten Malinau secara umum terpantau kondusif. Meskipun demikian, upaya pencegahan dan antisipasi kemungkinan terjadinya kejahatan maupun gangguan lainya yang menganggu situasi Kamtibmas perlu dilakukan sedini mungkin dengan berbagai upaya.

“Kami harapkan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan Kamtibmas di Bumi Intimung Kabupaten Malinau. Kami dari pihak Kepolisian juga akan berusaha secara maksimal untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan tenang khususnya selama masa kampanye Pemilu ini. Diharapkan juga dengan adanya kolaborasi yang baik antara petugas Kepolisian dari jajaran Polres Malinau dengan masyarakat dapat menjadikan lingkungan yang aman, nyaman, kondusif dan harmonis,” tutup Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!