Pastikan Keamanan dan Kelancaran, Personel Pos Pelayanan Ops Lilin Kayan 2023 di Polres Malinau Gelar Pengamanan Keberangkatan dan Kedatangan Penumpang di Pelabuhan

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Permudah pelayanan dan jamin keamanan masyarakat, utamanya yang mudik saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kepolisian Resor (Polres) Malinau menyiagakan personel di Pos Pengamanan (Pos Pam) dan Pos Pelayanan (Pos Yan) Operasi (Ops) Lilin Kayan 2023 disejumlah titik yang berada diwilayah Kabupaten Malinau.

Dalam Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023 yang berlangsung selama 12 hari kedepan yang dimulai sejak tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024 ini, dalam pelaksanaanya Polres Malinau telah mendirikan satu (1) Pos Pengamanan dan tiga (3) Pos Pelayanan, diantaranya Pos Pengamanan Taman Jajok Malinau Seberang, Pos Pelayanan Bandara Robert Atty Bessing, Terminal dan Pelabuhan Speed Boat Malinau.

Seperti halnya pada hari ini, personel Polres Malinau bersama personel gabungan dari jajaran TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya yang tergabung di dalam Pos Pelayanan Pelabuhan Operasi Lilin Kayan 2023 melaksanakan pengamanan dan pelayanan keberangkatan dan kedatangan Speed Boat di Pelabuhan Malinau Kota, Selasa (26/12).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya mengantisipasi terhadap potensi gangguan keamanan dan untuk memastikan kelancaran pelayanan aktifitas masyarakat di Pelabuhan Malinau Kota.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Malinau IPTU Siswandoyo, S.Sos., menerangkan bahwa dalam Operasi Lilin Kayan 2023 di Polres Malinau ini, personel yang terlibat Operasi di Pos-Pos Pengamanan dan Pelayanan, fokus mengamankan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam momentum Natal dan menjelang Tahun Baru di beberapa titik yang menjadi tempat berkumpulnya banyak orang yang ada diwilayah Kabupaten Malinau.

Seperti yang dilakukan personel gabungan yang terlibat Operasi khususnya yang berada di Pos Pelayanan Pelabuhan, aktif mengawasi kegiatan keberangkatan dan kedatangan Speed Boat sekaligus memberikan himbauan Kamtibmas kepada para penumpang.

“Jadi kami disini bersinergi, bukan hanya Polri. Ini merupakan bentuk nyata kami untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat utamanya yang mudik saat liburan Natal dan Tahun Baru. Pos-Pos yang ada ini dan di isi personel gabungan merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Lilin Kayan 2023 di Polres Malinau. Seperti yang terlihat pada Pos Pelayanan di Pelabuhan siang ini, kegiatan ini tentunya bertujuan untuk melancarkan aktifitas para penumpang dari setiap Speed Boat saat keberangkatan maupun kedatangan yang sandar di Dermaga Pelabuhan Speed Boat Malinau Kota,” ungkap Kabag Ops Polres Malinau

Dalam pelaksanaan tugasnya, personel Pos Pelayanan di Pelabuhan ini juga mendata penumpang yang naik maupun turun guna memastikan catatan yang akurat terkait pergerakan penumpang di Pelabuhan. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa proses keberangkatan maupun kedatangan penumpang berlangsung dengan tertib dan aman.

“Kami bertekad akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dalam merayakan Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024 nantinya, sehingga tidak ada kendala yang menghambat momentum tersebut. Personel Pos Pelayanan di Pelabuhan ini juga menghimbau Motoris dan ABK untuk selalu tetap mengutamakan keselamatan penumpang selama dalam perjalanan dan mengupayakan selalu mengecek segala seuatunya sebelum berpergian, termasuk keselamatan para penumpang dengan pengunaan jaket pelampung atau life jaket yang wajib di pakai,” pungkas Kabag Ops Polres Malinau

Saat ini, pantauan arus penumpang di Pelabuhan Speed Boat Malinau Kota terpantau ramai, aman dan lancar, demikian juga di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan lainya, situasi secara umum aman, lancar serta kondusif. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!