Dialog Interaktif Wakapolres Malinau Jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Dalam rangka mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., yang diwakilkan Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Malinau KOMPOL Satya Chusnur Ramadhana, S.H., melaksanakan dialog interaktif di Studio Radio Republik Indonesia (RRI) Malinau.

Dialog yang dipandu oleh Presenter RRI Malinau Widayat ini menghadirkan narasumber Wakapolres Malinau KOMPOL Satya Chusnur Ramadhana, S.H., dan Kepala Bidang Ketertaman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Malinau Edy Salman, S.E., M,Si.

Dalam kesempatannya, Wakapolres Malinau mengatakan bahwa Polres Malinau telah menyiapkan personel untuk mengamankan beberapa tempat aktifitas masyarakat antara lain rumah-rumah ibadah, tempat-tempat keramaian masyarakat hingga obyek wisata.

“Dalam rangka mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru atau yang biasa disebut dengan Nataru, Polres Malinau saat ini juga melaksanakan Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin Kayan 2023 yang dimulai selama 12 hari kedepan sejak 22 Desember 2023 kemarin. Dalam Operasi ini yang juga melibatkan intansi terkait, Kepolisian menerapkan sistem pencegahan dan penjagaan atau Preemtif dan Preventif dan personel juga kita tempatkan di titik Pos Pengamanan yang akan menjadi fokus utama dalam Operasi Lilin tahun ini seperti pengamanan gereja, tempat-tempat keramaian, obyek wisata, pelabuhan, bandara, terminal dan semua aktifitas masyarakat keseharianya untuk memastikan keamanan selama masa perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diwilayah kita Bumi Intimung berjalan lancar dan kondusif,” ungkap Wakapolres Malinau pada Sabtu (23/12).

Dalam dialog interaktif tersebut, Wakapolres Malinau KOMPOL Satya Chusnur Ramadhana, S.H., juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malinau untuk bersama-sama menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif sebelum, selama dan sesudah perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Adapun sejumlah himbauan Kamtibmas dari Wakapolres Malinau yang disampaikan antara lain meminta masyarakat agar senantiasa meningkatkan toleransi antar umat beragama, menjaga ketertiban dan kewaspadaan terhadap gangguan Kamtibmas maupun tindak kejahatan serta agar tetap membantu Polri dalam menjaga kondusifitas daerah dan tidak melakukan perbuatan negatif yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Malinau untuk bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif sebelum, selama dan sesudah perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini. Jika ada yang ingin bepergian atau meninggalkan rumah dalam waktu tertentu, bisa menitipkan kendaraan atau dokumen kepada Polres Malinau atau di Polsek terdekat. Silahkan titip kendaraan atau surat berharga ke kami, kami siap bantu. Kepada warga masyarakat yang akan beribadah, berlibur dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, saya minta agar betul-betul memperhatikan kondisi rumah secara baik, jangan sampai hal ini dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan,” pesan Wakapolres Malinau

Sementara itu, Kabid Trantibum Satpol PP dan Damkar Kabupaten Malinau Edy Salman, S.E., M,Si., mengatakan hal yang sama yang diungkapkan Wakapolres Malinau, namun lebih menekankan agar masyarakat menjaga keamanan lingkungan dan waspada terhadap bahaya kebakaran.

“Diharapkan kepada masyarakat dapat memeriksa kembali api yang ada di kompor dapur agar benar-benar dipadamkan maupun aliran listrik. Hal ini untuk menghindari terjadinya peristiwa kebakaran pada saat rumah ditinggalkan. Sekali lagi pastikan api kompor dapur itu mati, dan cabut aliran listrik yang menggunakan terminal tambahan,” tutup Kabid Trantibum Satpol PP dan Damkar Kabupaten Malinau. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!