Target IKD Lampung Utara Baru 9 Persen

 Lampung Utara-Gemilangnews.com- Masyarakat sedang mengurus data kependudukan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Ramayana Kotabumi.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara masih berupaya mengejar target Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yaitu 25 perse, Sejauh ini pencapaian baru 8-9 persen.

Kabid Capil Disdukcapil Lampura Fery Wijaya mengatakan berbagai upaya dalam percepatan dalam mencapai target IKD. Salah satunya dengan membuka pelayanan di mal pelayanan publik yang telah ada selama ini. Sehingga dapat lebih dekat dengan masyarakat.

“Jemput bola sudah pernah kami lakukan, seperti di kediaman penyandang cacat (disabilitas),” jelasnya, saat ditemui di MPP Ramayana Kotabumi,Kamis(26/10 2023)

Dia menjelaskan menggunakan IKD di saat semua serba digitalisasi seperti sekarang sangat penting. Karena dapat mempermudah segala urusan yang memerlukan data diri seperti KTP.

Dia menjelaskan target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat seluruh daerah diminta minimal mencapai 25 persen. Sejauh ini pemkab setempat baru mencapai 8 sapai 9 persen. “Angkanya tidak jauh-jauh amat, masih dikisaran kabupaten/kota lain. Insya Allah akan terus kami kejar,” kata dia.

Dia menyebut, belum tercapainya target ini tidak hanya dirasakan di Lampura saja. Namun, seluruh daerah di Indonesia juga sedang gencar untuk mencapai tujuan yang sama.
Pihaknya berharap masyarakat dapat turut andil dalam mencapai target itu dengan cara mendatangi kantor Disdukcapil atau MPP setempat.

“Dengan MPP kita tidak perlu membawa banyak berkas. Cukup didalam gawai, itu sudah mencakup bpjs, asuransi dan lainnya. Dan ke depan dapat memotong alur birokrasi,”tutupnya.(*)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!