Tim Pesepeda “Jelajah Negeri” Singgah di Taman Tjimanoek
Rossa Vivien Ratnawati: “Apresiasi Program Penanganan Sampah oleh Bupati Nina”

Indramayu,-GemilangNews.com- Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK) RI, Rossa Vivien Ratnawati mengapresiasi kebijakan Bupati Indramayu Nina Agustina dalam penanganan sampah yang telah memberikan dampak yang positif di masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bupati Indramayu dengan adanya program-program yang memang dari kampung, dari sumber untuk bagaimana mengelola sampah yang baik,” katanya saat memberikan sambutan di Taman Tjimanoek Indramayu, Selasa (14/2/2023).

Kehadiran Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 pada KLHK-RI, Rossa Vivien Ratnawati ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 sekaligus menyambut Tim Pesepeda “Jelajah Negeri” yang singgah di Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya Dirjen Rossa Vivien Ratnawati mengatakan, di Tahun 2030 tidak ada pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru, karena paradigma sampah sekarang adalah bagaimana menurunkan emisi gas rumah kaca dari sampah.

“Karena dari TPA akan menghasilkan gas metan dari sampah Organik, berarti harus dikurangi pembuangan sampah ke TPA dengan cara di reduce, recycle dan dikurangi sehingga kelola sampah dari sumber itu sangat penting,” katanya.

Sehingga upaya-upaya penanganan sampah perlu dilakukan melalui kebijakan dan inovasi yang dapat diberdayakan selanjutnya kepada masyarakat semisalnya Refused Derived Fuel (RDF) yang akan dilakukan Pemkab Indramayu untuk sebagai pengganti bahan bakar untuk pembangkit listrik.

“Salah satunya, Bupati Indramayu yang tadi sampaikan ada bantuan Improvement of Solid Waste Management Project (ISWMP) di 2024. Mereka mau membangun RDF. Jadi sampah-sampah yang sulit didaur ulang seperti sachet, kresek itu akan dibuat briket untuk bahan bakar pengganti batu bara dibawa ke PLTU Indramayu,” terangnya.

Sementara itu Direktur Pengolahan Sampah pada KLHK-RI, Novrizal Tahar mengatakan, dalam rangka mewujudkan HPSN Tahun 2023 tersebut maka salah satu rangkaian kegiatan adalah Tour Kampanye Tim Pesepeda “Jelajah Bersih Negeri” yang telah memulai perjalanan dari Bali 8 Februari 2023 lalu.

“Saya berikan apresiasi kepada Tm yang sudah bersepeda dari Bali dan mengunjungi setiap titik-titik Base Praktis pengelolaan sampah di daerah-daerah dan hari ini sampai di Indramayu,” katanya.

Pada kesempatan ini Bupati Indramayu Nina Agustina menyerahkan bantuan armada pengangkut sampah berupa 11 (Sebelas) Unit arm roll dan 1 (Satu) Unit dump truck, kepada UPTD Kebersihan Kecamatan Indramayu, Karangampel, Jatibarang, Losarang, Kandanghaur, dan Kecamatan Haurgeulis.

Bantuan kendaraan yang berasal dari APBD Indramayu tahun 2022 ini diberikan kepada UPTD Kebersihan Kecamatan, dengan harapan dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat untuk mewujudkan Indramayu yang bersih.

“Diharapkan dengan bantuan ini mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Indramayu,” ujarnya.

Selain itu juga dilakukan penyerahan program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) dari Pertamina kepada Binaan Pertamina berupa bantuan Alat Panggang Magot untuk Program Wilayah Masyarakat Pengelola Daur Ulang Sampah Wiralodra, Bantuan Motor Sampah Penunjang Program Ecoriparian Sungai Cimanuk Lama, Bantuan Motor Sampah Penunjang Program Bank Sampah Berseri, dan Bantuan Alat Press Sampah Plastik untuk Masyarakat Bersih Sejahtera (MBS).

Penulis- Didi saputra

Redaktur- Admin GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!