Korem 061/Sk peringati Hari Juang Kartika dengan Penghijauan

BOGOR-GemilangNews.com

Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018, Korem 061/Sk mengadakan kegiatan gerakan menanam 1.000 pohon di Kp. Cibulau, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/12/18).

Tak hanya aksi tanam pohon, kegiatan yang bertajuk Babakti Ka Alam Bersama Korem 061/Suryakancana ini, juga dirangkaikan dengan kegiatan penaburan bibit ikan endemik di Sungai Ciliwung, baksos pengobatan masal, pembagian sembako, dan pembangunan Tempat Pendidikan Qur’an (TPQ).

Danrem 061/Sk Kolonel Inf Mohamad Hasan, di tempat terpisah menjelaskan, dalam kegiatan ini, Korem 061/Sk mengundang sekitar 1000 orang dari sejumlah unsur dan kalangan masyarakat diantaranya unsur TNI, Polri, komunitas, ormas, LSM, mahasiswa/pelajar, budayawan, seniman, tokoh masyarakat dan warga setempat untuk ikut berpartisipasi dalam aksi tersebut.

Kegiatan ini, adalah lanjutan dari gerakan aksi penghijauan “Ngalokat Cai Ciliwung” yaitu pengembalian fungsi hulu air sungai Ciliwung di Talaga Sa’at Cikoneng, yang dilakukan pada bulan Februari lalu, ujarnya.

Aksi tanam pohon ini, adalah lanjutan pengembalian keseimbangan alam dari sisi darat. Kita hidupkan kembali fungsi alam baik dari fungsi sungai, pohon, dan tanahnya, agar kita bisa mencegah atau meminimalisir terjadinya bencana akibat kerusakan lingkungan yang disebabkan ulah manusia. Kepedulian dan kesadaran terhadap lingkunganlah yang perlu kita ingatkan kepada masyarakat,” tambah Danrem.

Sementara, Kasrem 061/Sk Letkol Kav Eko Saptono yang mewakili Komandan Korem 061/Sk, mengatakan, harapan dari kegiatan ini adalah tumbuh sikap kepedulian terhadap lingkungan. Banyak sungai yang tidak berfungsi dengan baik. Banyak pohon dan hutan yang dirusak. Sehingga yang terjadi adalah longsor dan banjir.

“Kami ingatkan salah satu penyebab terbesar terjadinya bencana adalah pembiaran terhadap kerusakan lingkungan. Karena itu, melalui Kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam kegiatan ini, marilah bersama-sama kita jaga alam, cegah bencana alam, hijaukan lingkungan dan wujudkan lingkungan yang sehat demi kepentingan kita dan anak cucu kita semua,” harapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan Korem 061/Sk disambut baik oleh seluruh peserta yang hadir berpartisipasi, mereka dengan kendaraan motor sendiri menyisihkan waktu untuk turut kegiatan Babakti Ka Alam, harapan Usman salah satu peserta, kegiatan ini dapat dilakukan di tempat lain dan apa yang kita kerjakan saat ini ditindaklanjuti dengan mengawasi pertumbuhan tanaman yang sudah ditanam. (Red GN)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] There you can find 62944 additional Info to that Topic: gemilangnews.com/2018/12/01/korem-061-sk-peringati-hari-juang-kartika-dengan-penghijauan/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: gemilangnews.com/2018/12/01/korem-061-sk-peringati-hari-juang-kartika-dengan-penghijauan/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: gemilangnews.com/2018/12/01/korem-061-sk-peringati-hari-juang-kartika-dengan-penghijauan/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Read More Information here to that Topic: gemilangnews.com/2018/12/01/korem-061-sk-peringati-hari-juang-kartika-dengan-penghijauan/ […]

  5. … [Trackback]

    […] There you can find 67481 more Information to that Topic: gemilangnews.com/2018/12/01/korem-061-sk-peringati-hari-juang-kartika-dengan-penghijauan/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!