Ir Jen Pol Zulkarnain: Masyarakat Tetep Menjalan Sholat Idul Adha Berjemaah

PALEMBANG-GemilangNews.Com

Meski Asian Games berjalan, moment kedatangan tamy 45 negara ini tidak akan mengganggu prosesi sholat Idul Adha akan tetap dilaksanakan seputaran Masjid Agung Palembang.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menjelaskan tidak akan ada pembubaran Jemaah saat Sholat Idula Adha di Jembatan Ampera pada Rabu besok.

Dijelaskan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara bahwa tradisi masyarakat yang melaksanakan salat Idul Adha di seputaran Masjid Agung Palembang, tak akan menggangu momen pelaksanaan Asian Games. Karena, salat Ied yang dilaksanakan di Masjid Agung Palembang tidak terlalu lama. Meskipun masyarakat akan memadati seputaran Masjid Agung Palembang hingga ke atas jembatan Ampera.

“Salat Ied hanya sesaat dilaksanakan di pagi hari. Paling lama satu sampai dua jam saja, jadi tidak mengganggu. Kegiatan Asian Games juga dilaksanakan sekitar pukul 09.00 atau 09.30, jadi rentang waktu seperti itu saya rasa tidak mengganggu,” ujarnya saat diwawancarai Selasa (21/8/2018)
Sehingga, kegiatan salat Ied yang dilaksanakan di Masjid Agung Palembang sama sekali tidak mengganggu lalu lintas saat pagi hari.

“Tidak ada yang menghambat, semuanya bisa berjalan. Masyarakat bisa salat ied di masjid agung dan kegiatan asian games juga bisa berlangsung. Karena memang kegiatannya tidak dilaksanakan bersamaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Direktorat Lalulintas Polda Sumsel Kombes Pol M Taslim Chairuddin, memastikan Sholat Idul Adha yang rencananya akan dilaksanakan di Masjid Agung Palembang dan sekitarnya akan tetap bisa dilaksanakan masyarakat Palembang.

Meski nantinya masyarakat akan tumpah ruah di seputaran masjid Agung Palembang dan jembatan Ampera, Ditlantas Polda Sumsel sudah melakukan koordinasi dengan pihak panitia pelaksanaan sholat Idul Adha di Masjid Agung.

“Kami sudah berkoordinasi dengan panitia, agar lebih teratur panitia meminta bantuan kepada kami untuk melakukan pengaturan mulai dari parkir kendaraan, pengamanan dan juga saat pelaksanaan sholat Idul Adha,” jelasnya.

Isu yang tersebar bila masyarakat tidak diperbolehkan melaksanakan sholat Idul Adha, Taslim menegaskan itu tidak benar. Masyarakat tetap bisa melaksanakan sholat Idul Adha secara khusyuk di Masjid Agung Palembang.

“Tidak ada yang terganggu. Masyarakat tetap bisa melaksanakan sholat Idul Adha di masjid Agung, karena kami sudah siap melakukan pengaturan dan pengamanan di seputaran masjid Agung. Jadi kepada masyarakat jangan terprovokasi dengan isu yang tidak benar,” Tutupnya.

Reporter: FH

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More here on that Topic: gemilangnews.com/2018/08/21/ir-jen-pol-zulkarnain-masyarakat-tetep-menjalan-sholat-idul-adha-berjemaah/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More Information here to that Topic: gemilangnews.com/2018/08/21/ir-jen-pol-zulkarnain-masyarakat-tetep-menjalan-sholat-idul-adha-berjemaah/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Read More Info here on that Topic: gemilangnews.com/2018/08/21/ir-jen-pol-zulkarnain-masyarakat-tetep-menjalan-sholat-idul-adha-berjemaah/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Info to that Topic: gemilangnews.com/2018/08/21/ir-jen-pol-zulkarnain-masyarakat-tetep-menjalan-sholat-idul-adha-berjemaah/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!