MERASA TENANG KARENA MEMILIKI KIS

Lampung Utara-GemilangNews.Com- Sari (20) adalah salah satu peserta segmen PBPU yang telah merasakan manfaat pelayanan kesehatan dalam Program JKN-KIS. Ia sangat menyadari pentingnya memiliki jaminan kesehatan karena jatuh sakit bisa saja terjadi secara tiba-tiba dan akan menjadi masalah jika tidak memiliki biaya untuk berobat sebagai pasien umum.

“Bagi saya mengantongi KIS ini adalah hal yang menenangkan. Mengambil hak rawat di kelas 2 pun tidak apa-apa toh pelayanan dan obat-obatannya sama saja dengan peserta di kelas rawat yang lain, yang penting saya tidak merasa terbebani dan bisa rutin membayar iuran tepat waktu setiap bulan,” ujar Sari kepada Tim, Selasa (26/05).

Lebih lanjut Sari mengungkapkan bahwa dirinya telah beberapa kali merasakan manfaat Program JKN-KIS dan hal itu membuatnya bersyukur telah mengantongi KIS sejak lama.

“Saya sempat jatuh sakit beberapa kali namun tetap bisa berobat secara gratis dengan menggunakan KIS. Inilah yang dinamakan sedia payung sebelum hujan. Tapi sering terjadi ketika sudah merasakan manfaat layanan kesehatan, banyak yang tidak mau lagi membayar iuran rutinnya. Jangan seperti itu ya, kalau sampai menunggak iuran apalagi sampai berbulan-bulan tentu yang susah kita sendiri karena akan terasa berat saat melunasinya. Kartunya pun akan non aktif dan tidak bisa digunakan,” lanjut Sari.

Saat ditanya apakah ada hal lain yang membuat Sari terkesan selama menjadi Peserta JKN-KIS, dengan segera ia menyebutkan Aplikasi Mobile JKN lah yang membuatnya kagum.

“Fiturnya itu lho lengkap banget, bahkan sekarang bisa mengambil nomor antrean online di fasilitas kesehatan dan bisa screening mandiri Covid-19 melalui aplikasi ini. Semenjak mendonwload Aplikasi Mobile JKN saya jadi tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor cabang jika membutuhkan layanan administrasi. Lumayan kan jadi hemat waktu dan ongkos,” kata Sari.

Sebagai penutup Sari menghimbau masyarakat untuk terus melaksanakan physical distancing dan menjaga kebersihan guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Upaya lain untuk mencegah penularan Covid-19 yang bisa dilakukan adalah dengan mendownload Aplikasi Mobile JKN karena dengan adanya aplikasi ini layanan administrasi tetap dapat diakses di rumah, sesuai dengan himbauan pemerintah untuk mengurangi aktivitas outdoor jika tidak mendesak.(Rilis/mht)

JELAJAHI