Satlantas Polres Malinau Gelar Sosialisasi dan Himbauan Tertib Berlalu Lintas Operasi Keselamatan Kayan 2024

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Kepolisian Resor (Polres) Malinau telah mengeluarkan seruan kepada masyarakat untuk meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas selama Bulan Suci Ramadhan. Seruan ini terutama terkait dengan berjalannya Operasi Keselamatan Kayan 2024 yang dimulai sejak 4 Maret 2024 dan akan berlangsung hingga 17 Maret mendatang.

Dalam Operasi Keselamatan ini, bertujuan untuk menangani pelanggaran lalu lintas dengan berbagai aspek yang menjadi fokus, seperti di antaranya adalah penggunaan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, berboncengan motor lebih dari satu orang, tidak menggunakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI), tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus, berkendara dalam pengaruh alkohol, overload, melebihi batas kecepatan, penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi (Knalpot Brong), penggunaan lampu isyarat (Strobo) dan isyarat bunyi (Sirine), serta kendaraan yang menggunakan plat nomor khusus atau rahasia.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Lantas Polres Malinau IPDA Ansar, menekankan pentingnya menjaga disiplin dalam berlalu lintas kepada masyarakat. Hal ini disampaikan mengingat tingginya angka kejadian kecelakaan lalu lintas pada tahun sebelumnya.

“Dengan digelarnya Operasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih menyadari pentingnya patuh terhadap peraturan berlalu lintas demi keselamatan bersama. Keselamatan berlalu lintas adalah tanggung jawab bersama. Semua pihak, baik pengendara maupun pejalan kaki, harus mematuhi aturan demi menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman bagi semua,” ujar Kasat Lantas Polres Malinau IPDA Ansar pada Kamis (14/3).

Dengan adanya upaya ini, Kasat Lantas Polres Malinau IPDA Ansar berharap agar semua pihak dan lapisan masyarakat turut mendukung upaya bersama menekankan terjadinya pelanggaran yang dapat menyebabkan kecelakaan. Dan upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran berlalu lintas bagi masyarakat terutama anak-anak muda dan pelajar.

“Kami berharap melalui Operasi Keselamatan Kayan 2024 ini yang dalam pelaksanaanya personel Satlantas juga sekaligus membagikan brosur atau pamflet berbentuk himbauan, kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas akan meningkat, sehingga dapat menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib, tidak hanya selama Bulan Suci Ramadhan, tetapi juga seterusnya,” tutupnya. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!