Gerak Cepat Personel Polres Malinau, Singkirkan Pohon Tumbang Usai Hujan dan Angin Kencang

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Intensitas hujan dengan di sertai angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Malinau mengakibatkan sebuah pohon besar berjenis Manggris tumbang dan melintang di tengah jalan yang berada di Desa Punan Bengalun dan menimpa kabel listrik PLN hingga terputus, Selasa (23/1).

Peristiwa yang tepatnya terjadi di jalan Mangkuasar menuju Desa Punan Bengalun, Kecamatan Malinau Barat tersebut, mengakibatkan akses jalan satu-satunya warga setempat menjadi terganggu dikarenakan pohon yang tumbang menutupi seluruh badan jalan.

Bhabinkamtibmas Polsek Malinau Barat, Polres Malinau BRIGPOL Darma Dinata yang saat itu melintas di jalan tersebut untuk menyambangi warga binaannya, langsung bergerak bersama warga setempat untuk membersihkan pohon tumbang yang melintang di jalan.

Terlihat, dengan sigap BRIGPOL Darma Dinata langsung memotong-motong bagian batang pohon tumbang tersebut menggunakan mesin Chainsaw dan peralatan yang ada untuk memotong-motong bagian batang maupun ranting pohon yang tumbang.

Disamping itu, beberapa warga tampak bahu-membahu menyingkirkan batang pohon lain agar tidak lagi melintang di jalan.

Ditempat terpisah, Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Malinau Barat IPDA Dedi Priyanto, S.AP., mengatakan, pohon tumbang tersebut tumbang karena hujan dan angin kencang semalaman hingga mengakibatkan menutup badan jalan. Selain itu ia juga mengapreasiasi kesigapan Bhabinkamtibmasnya dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Hujan yang di sertai tiupan angin kencang mengakibatkan sebuah pohon besar tumbang di jalan Mangkuasar menuju Desa Punan Bengalun dan membuat akses jalan satu-satunya warga sempat terganggu. Menjumpai adanya hal tersebut anggota Bhabinkamtibmas kami BRIGPOL Darma Dinata yang tadinya hendak melakukan sambang, bersama warga setempat dengan sigap mengambil langkah dengan gotong royong memotong-motong bagian batang pohon yang melintang di tengah jalan, tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian ini,” ucap IPDA Dedi Priyanto

Kapolsek Malinau Barat IPDA Dedi Priyanto, S.AP., juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati saat melintas di jalur pepohonan, khususnya saat cuaca ekstrem dan hujan.

“Kami menghimbau masyarakat terutama pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dan waspada dengan potensi pohon tumbang saat hujan turun di sertai angin kencang. Lebih baik berhenti dulu di tempat aman menunggu cuaca aman untuk melintas. Pohon tumbang bukan hanya karena rapuh, namun memang ada potensi untuk tumbang dan sulit diprediksi, karena akhir-akhir ini cuaca khusunya di Kabupaten Malinau tidak menentu bisa menyebabkan dahan dan ranting pohon patah atau pohonnya langsung tumbang,” pesan IPDA Dedi Priyanto. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!