Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif, Personel Polres Malinau Gelar Patroli Dialogis di Pasar Tradisional

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Untuk mengetahui situasi dan dalam rangka mengantisipasi potensi kerawanan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) khususnya di area pasar tradisional, personel Polres Malinau melalui jajaran Satsamapta secara intensif melakukan patroli dialogis dengan berjalan kaki memasuki pasar yang ada diwilayah perkotaan Malinau, Sabtu (6/1).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Samapta Polres Malinau IPTU Isak Pangala, S.E., menerangkan bahwa kegiatan yang dilakukan personelya tersebut untuk melaksanakan pemantauan perkembangan situasi Kamtibmas di pusat perbelanjaan, yang dalam hal ini dilakukan disejumlah lokasi pasar tradisional yang berada diwilayah perkotaan Malinau.

“Patroli tersebut bersifat preventif atau sebagai upaya pencegahan terhadap gangguan Kamtibmas, kegiatan patroli ini juga dimaksudkan untuk selalu menjaga kondusifitas Kamtibmas dilingkungan masyarakat termasuk dipusat perbelanjaan yang pada siang ini dilakukan di pasar-pasar tradisional di perkotaan Malinau serta upaya dari Kepolisian untuk meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas dilingkungan masyarakat,” ucap Kasat Samapta IPTU Isak Pangala, S.E.

Ditambahkan IPTU Isak Pangala, S.E., dalam pelaksanaan patroli sambang Kamtibmas di pasar tradisional diwilayah perkotaan Malinau ini, personelnya turut disambut hangat para pedagang maupun pengunjung yang di jumpai.

“Selain memantau situasi Kamtibmas, personel kami juga menyempatkan diri berdialog dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada pedagang dan pengunjung pasar,” tambahnya

Dalam kesempatan ini, IPTU Isak Pangala, S.E., juga mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat ikut mendukung pihak Kepolisian dalam menjaga situasi keamanan dan kenyamanan diwilayah Kabupaten Malinau.

“Kami berharap seluruh elemen masyarakat ikut berperan aktif dan ikut mendukung Kepolisian dalam menjaga Kamtibmas, seperti menjaga keamanan dilingkungan masing-masing, kemudian, melaporkan ke pihak Kepolisian terdekat jika melihat hal-hal yang mencurigakan yang dapat menganggu stabilitas keamanan,” pungkasnya

Terakhir, diharapkan Kasat Samapta Polres Malinau IPTU Isak Pangala, S.E., dengan adanya kegiatan patroli sambang di lokasi keramaian pasar ini, maka pedagang serta masyarakat pengunjung pasar akan merasa aman dan nyaman dalam beraktifitas serta lebih dekat dengan pihak Kepolisian, sehingga komunikasi dapat terjalin harmonis dalam kaitan pemeliharaan Kamtibmas yang kondusif.

“Upaya patroli yang dilakukan oleh Satsamapta Polres Malinau ini merupakan bentuk nyata dari komitmen aparat Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Kolaborasi antara petugas keamanan dan masyarakat sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,” tutupnya. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!