Gelar Jum’at Curhat, Kasat Binmas Polres Malinau Galang Tokoh Agama Wujudkan Stabilitas Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Progam rutin Jum’at Curhat yang diinisiasi Kepolisian Resor (Polres) Malinau terus digencarkan. Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., yang diwakili Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom kembali menggelar program tatap muka yang bertajuk Jum’at Curhat dengan Tokoh Agama, Jum’at (5/1).

Kali ini, kegiatan komunikasi dua arah antara masyarakat dan Kepolisian yang digelar secara rutin setiap minggunya tersebut siang ini dilaksanakan di Jl. Swadaya RT 13 Malinau Kota bersama Ustadz Ahtin yang merupakan salah satu Tokoh Agama yang berada di Kabupaten Malinau.

Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom menyampaikan, program Jum’at Curhat yang secara rutin dilaksanakan Polres Malinau ini sebagai sarana membuka pintu komunikasi dua arah, yaitu masyarakat dan Kepolisian.

Hal ini dinilai bermanfaat bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi dan masukan bagi Kepolisian, dan disisi lain berguna untuk membuka ruang penyampaian himbauan-himbauan Kepolisian kepada masyarakat.

“Program Jum’at Curhat ini bertujuan mempererat hubungan Kepolisian dengan masyarakat sambil menerima masukan terkait kinerja kami serta untuk mengetahui situasi Kamtibmas dilingkungan masyarakat,” ujar Kasat Binmas

Selain mempererat silaturahmi, pertemuan ini juga dimanfaatkan Kasat Binmas untuk membahas upaya Preemtif bersama guna mengantisipasi potensi konflik atau gangguan keamanan menjelang Pemilu 2024 mendatang.

“Melalui pertemuan ini, kami mengajak peran Tokoh Agama dan para Tokoh-Tokoh lainya serta seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Malinau untuk ikut serta menjaga kondusifitas Kamtibmas selama Pemilu 2024 mendatang. Salah satunya masyarakat diminta untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang berkembang dan diharapkan lebih dahulu memverifikasi informasi yang beredar di Medsos. Selain itu para Tokoh Agama dihimbau agar menyampaikan kepada warganya atau jamaahnya untuk tetap menjaga kebersamaan dan menjalin silaturahmi walaupun berbeda pilihan,” tambahnya

Sementara itu, Ustadz Ahtin dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi atas kehadiran Kepolisian dari jajaran Polres Malinau yang aktif melakukan sosialisasi tentang Pemilu 2024 yang damai.

Dalam responsnya, Ustadz Ahtin menekankan pentingnya kegiatan patroli pada malam hari untuk meminimalisir niat pelaku kejahatan saat masyarakat sedang beristirahat. Ustadz Ahtin juga menyarankan Kasat Binmas Polres Malinau agar kegiatan kunjungan ke Tokoh-Tokoh tetap berlangsung guna merangkul semua elemen demi mewujudkan situasi yang lebih kondusif dilingkungan masyarakat.

“Kami berharap agar kegiatan kunjungan ke Tokoh-Tokoh ini tetap berlanjut sehingga situasi jelang Pemilu 2024 dapat lebih kondusif lagi. Melalui momen bersama Kasat Binmas ini kami sangat berterimakasih bisa silaturahmi disini sehingga bisa mendapatkan informasi dari Kepolisian tentang situasi keamanan dan dapat lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kriminalitas, semoga juga kinerja Kepolisan dalam menjaga keamanan Kabupaten Malinau ini menjadi ladang amal ibadah yang diberkahi Allah SWT. Sementara itu, disini tidak ditemukan kendala dilingkungan kami karena semua berjalan kondusif dan tentram, namun kami hanya meminta kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan ini tetap dijalankan bila perlu ditingkatkan seperti patroli pada jam-jam malam hari untuk meminimalisir adanya niat pelaku kejahatan saat masyarakat sedang beristirahat,” ucap Ustadz Ahtin

Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom menyambut positif saran-saran yang disampaikan oleh Ustadz Ahtin.

“Kami berkomitmen untuk terus menjaga kebersamaan dan kewaspadaan dalam menjaga keamanan wilayah Malinau, khususnya menjelang Pemilu 2024. Kami juga akan secara optimal untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat dan akan mengoptimalkan patroli atau memonitoring setiap perkembangan situasi wilayah untuk menekan tindak kriminalitas maupun potensi gangguan Kamtibmas lainya. Untuk diketahui, kegiatan patroli ini sebenarnya sudah kita lakukan, namun demikian kami akan tingkatkan kembali dengan penebalan melalui personel Polsek jajaran. Diharapkan juga masyarakat juga ikut berpartisipasi menjaga keamanan di Desa masing-masing maupun lokasi-lokasi tertentu dan tentunya jangan ragu menghubungi pihak Kepolisian jika mengetahui potensi adanya gangguan Kamtibmas,” terang IPTU Maruli Gultom

Dengan terjalinya komunikasi dalam kegiatan Jum’at Curhat yang sering dilakukan ini, diharapkan akan terjalin hubungan yang baik antara Polri dan semua elemen masyarakat serta mampu menyerap aspirasi dan menekan potensi gangguan Kamtibmas yang ada dilingkungan masyarakat. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!