Antisipasi Banjir dan Wabah Penyakit, TNI-Polri, Pemda dan Masyarakat Malinau Bersihkan Sampah di Area Pasar

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Wujud kolaborasi dan sinergitas antara TNI-Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau serta masyarakat untuk peduli kepada lingkungan kembali terlihat saat dilaksanakanya kegiatan program Karya Bhakti yang di gelar di area Pasar Induk, Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya bencana banjir sekaligus mencegah munculnya segala macam wabah penyakit.

Sebelum kegiatan pembersihan Iingkungan tersebut dimulai, Komandan Kodim (Dandim) 0910/Malinau LETKOL Inf Alisun, M.Han., terlebih dahulu memimpin pelaksanaan apel yang dalam kegiatan tersebut turut diikuti personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, BPBD dan masyarakat Kabupaten Malinau.

Dalam penyampaianya, Dandim 0910/Malinau LETKOL Inf Alisun, M.Han., mengatakan kegiatan Karya Bhakti tersebut dilaksanakan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan dan untuk meningkatkan kesehatan warga.

“Saat ini telah memasuki musim penghujan, dengan adanya sampah yang sudah menumpuk dan menimbulkan aroma tidak sedap ini maka akan menjadi tempat bersarangnya segala macam penyakit, dan tentunya lingkungan akan menjadi kotor dan tidak sehat,” ungkap LETKOL Inf Alisun

Sementara itu Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., yang dalam kesempatan tersebut diwakili Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Malinau Kota IPDA Jonri Siringo, S.Sos, menyampaikan dukungan positif dari Polres Malinau terhadap kegiatan Karya Bhakti yang dilaksanakan jajaran Kodim/0910 Malinau dengan melakukan pembersihan sampah di lingkungan Pasar Induk dalam rangka untuk mencegah terjadinya banjir maupun penyebaran wabah penyakit.

“Disini kami dari jajaran Polres Malinau mengapresiasi partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Kerjasama yang baik antara TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga ketahanan wilayah kita. Kegiatan Karya Bhakti gabungan ini juga bukan hanya sebagai respons terhadap musim penghujan, tetapi juga sebagai langkah preventif untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman, nyaman dan sehat bagi seluruh warga,” terang IPDA Jonri Siringo saat memberikan keterangan usai kegiatan pada Minggu (10/12).

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, puluhan personel gabungan TNI-Polri, serta instansi terkait dan masyarakat nampak terlihat bergotong royong membersihkan sampah di area Pasar Induk yang menumpuk di beberapa titik serta membersihkan selokan yang tersumbat, sehingga aliran air dapat menjadi lancar.

“Kami dari Polres Malinau dan jajaran TNI, Pemerintah Daerah serta masyarakat juga bahu membahu membersihkan sampah serta memperlancar selokan yang tersumbat. Sinergitas dalam Karya Bhakti ini sangat penting untuk mencapai tujuan bersama dalam membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik. Adanya kegiatan Karya Bhakti ini juga sekaligus untuk memberikan motivasi kepada masyarakat akan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar yang merupakan tanggung jawab bersama guna mencegah terjadinya banjir maupun munculnya wabah penyakit,” tutupnya. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!