Bekali Ilmu Dalmas, Kasat Samapta Polres Malinau Pimpin Latihan Dalmas Siswa Seba SPN Polda Kaltara

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Ratusan Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri Angkatan 50 Gelombang II Tahun 2023 Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltara kini mulai melaksanakan Latihan Kerja (Latja) di Polres jajaran Polda Kaltara, salah satunya di Polres Malinau.

Seperti halnya pada siang ini, untuk mendapatkan pengalaman dan pelatihan terkait tugas pokok fungsi Kepolisian, 155 Siswa Latja yang ditempatkan di Polres Malinau siang ini mendapat pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas) dari Satuan Samapta (Satsamapta) Polres Malinau, Sabtu (18/11).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kabag SDM Polres Malinau AKP Basuki Suwito, S.H., saat mengikuti langsung pemberian materi Dalmas didampingi para Pengasuh SPN Polda Kaltara siang ini menerangkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari proses pembelajaran pada saat Latja para Siswa Diktuba Polri SPN Polda Kaltara sebelum dilantik menjadi anggota Polri. Materi dalam kegiatan ini juga merupakan bekal untuk pelaksanaan tugas para Siswa yang nantinya setelah dilantik menjadi anggota Polri.

“Hari ini kita berikan Siswa pelatihan tugas pokok Kepolisian salah satunya tentang Dalmas yang mana merupakan fungsi teknis dari Satsamapta. Latja ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan para Siswa dalam menghadapi tugas Kepolisian mendatang setelah dilantik menjadi anggota Polri,” terang Kabag SDM

Dalam kegiatan latihan Dalmas siang ini, Kasat Samapta Polres Malinau IPTU Isak Pangala, S.E., bersama KBO Satsamapta IPDA Rony serta instruktur pelatihan PS. Kanit Dalmas BRIPKA Frans Reno juga turut hadir memberikan materi-materi pelatihan.

Saat diberikan materi Dalmas dibawah pimpinan Kasat Samapta, para Siswa Latja ini nampak terlihat mengikuti dengan serius dan tidak merasakan panasnya terik matahari demi untuk menyerap ilmu dari instruktur.

“Kami juga sudah sampaikan kepada para Siswa untuk menikmati setiap detik pelatihan yang diberikan instruktur guna mengembangkan kemampuan diri Siswa yang nantinya akan terjun berdinas dilapangan. Usai penyampaian materi-materi, latihan Dalmas dilanjutkan dengan praktek langsung, dan sejumlah perlengkapan juga melekat pada masing-masing Siswa. Sesekali mereka kita koreksi terkait sikap dan gerakan dalam bentuk peleton dan kita contohkan sebagaimana mestinya,” tambahnya

Kabag SDM Polres Malinau AKP Basuki Suwito, S.H., berharap semoga para Siswa Latja SPN Polda Kaltara yang melaksanakan Latja di Polres Malinau ini dapat memahani dengan baik pelajaran dan bekal yang sudah disampaikan instruktur agar nantinya setelah dilantik menjadi anggota Polri saat bertugas dapat menerapkannya dilapangan. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!