Ajak Tukang Ojek Jaga Kamtibmas, Ini Pesan Kasat Binmas Polres Malinau Dalam Jum’at Curhat

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Sebagai bentuk upaya mempererat hubungan antara Polri dengan seluruh elemen masyarakat, Kepolisian Resor (Polres) Malinau terus melaksanakan program Jum’at Curhat secara intensif yang digelar dengan mengambil lokasi secara berpindah-pindah.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk mendengarkan curahan hati masyarakat terkait dengan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), dimana warga masyarakat dapat menyampaikan langsung keluhan-keluhan maupun saran terkait situasi dan kondisi yang berkembang dilingkunganya.

Dalam kegiatan Jum’at Curhat kali ini, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., diwakili oleh Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom yang didampingi beberapa personelnya dengan humanis menyambangi Komunitas Pangkalan Ojek (Helm Kuning) yang sementara mangkal sembari menunggu penumpang di Pangkalan Pasar Pelangi Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau yang dalam kesempatan tersebut Kasat Binmas juga memberikan sejumlah Helm SNI untuk para Pengemudi Pangkalan Ojek Helm Kuning, Jum’at (10/11).

Nampak terlihat, suasana yang berlangsung santai dengan penuh kebersamaan yang diikuti sejumlah perwakilan Pengemudi Pangkalan Ojek Helm Kuning tersebut sangat antusias mengikuti kegiatan Jum’at Curhat yang digelar Polres Malinau siang ini.

Satu diantara para Pengemudi Pangkalan Ojek Helm Kuning yakni Bapak Nanang yang sekaligus sebagai Ketua RT 15 Desa Malinau Kota turut menyampaikan aspirasinya kepada Kasat Binmas Polres Malinau terkait dengan pelayanan Kepolisian yang telah sudi memperhatikan Komunitas Ojek Helm Kuning.

Selain itu, ia juga mengaku bahwa hingga saat ini wilayah Pangkalan Ojek Helm Kuning ini sering dikunjungi patroli Kepolisian baik itu dari jajaran Polsek Malinau Kota maupun Polres Malinau yang secara rutin pada siang hari. Namun, ia juga mengharapkan agar jajaran Polres Malinau juga lebih meningkatkan kembali kegiatan patroli ke permukiman warga pada malam hari.

“Sebelumnya kami ucapkan terimakasih kepada jajaran Polres Malinau yang telah datang kesini dan membantu serta peduli kepada kami para Pengemudi Pangkalan Ojek Helm Kuning yang telah memberikan Helm SNI untuk kelancaran kami bekerja sehari-hari. Syukur alhamdulilah terimakasih Bapak atas Helm barunya. Terkait penyampaian kami disini tentunya kami merasa aman ketika pihak keamanan dari Polres Malinau sering patroli kesini, namun kami minta juga Pak Gultom mungkin bisa di patroli juga saat malam hari hingga masuk ke permukiman warga, apalagi ini tahun politik Pemilu 2024. Karena ditempat-tempat tertentu kalau sudah larut malam masih ada saja ditemukan sejumlah oknum remaja ngumpul yang ditakutkan nantinya mengganggu ketertiban umum khususnya saat warga sedang istirahat malam. Itu saja Pak Gultom, saya salut Polisi disini yang selalu rutin melaksanakan patroli dan selalu ada ditengah-tengah masyarakat,” ucap Nanang

Menanggapi hal tersebut, Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom sebelumnya menyampaikan ucapan terimakasih atas masukannya dan berharap kepada masyarakat jika mengalami kejadian atau melihat potensi gangguan Kamtibmas agar segera melaporkan kepada pihak Kepolisian dan tidak segan-segan melaporkan kejadian tersebut kepada Polisi.

“Sebelumnya, saya selaku Kasat Binmas yang pada siang ini mewakili Bapak Kapolres Malinau mengucapkan terimakasih atas kesediaan Bapak-Bapak Komunitas Ojek Helm Kuning ini yang telah menyambut kehadiran kami disini. Kami sampaikan juga Pak tujuan dari kegiatan Jum’at Curhat ini untuk mendengarkan aspirasi dan keluhan dari masyarakat serta memberikan solusi atau bantuan yang dapat diberikan oleh pihak Kepolisian. Jadi kami harap jangan sungkan untuk melapor ke pihak Kepolisian jika menemukan atau mengetahui ganguan Kamtibmas yang ada dilingkungan masyarakat. Karena ini sudah menjadi tugas kami untuk menjaga dan memelihara Kamtibmas tetap kondusif. Selain itu, diharapkan juga Pengemudi Ojek juga menjadi pelopor tertib dalam berlalulintas, khususnya saat berkendara dengan mengutamakan faktor keselamatan. Semoga bermanfaat ya Helmnya Bapak-Bapak, dengan memakai Helm SNI minimal dapat mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara,” ujar IPTU Maruli Gultom

Kemudian, menanggapi apa yang telah disampaikan Bapak Nanang tadi terkait dengan harapan masyarakat untuk megencarkan pelaksanaan patroli, IPTU Maruli Gultom menegaskan bahwa Polres Malinau berkomitmen akan meminimalisir terjadinya gangguan Kamtibmas dan mencegah permasalahan kenakalan remaja yang ada serta meminta peran aktif seluruh lapisan masyarakat dalam upaya mencipatakan Kamtibmas yang kondusif.

“Untuk kegiatan patroli ini sebenarnya sudah kita lakukan secara rutin baik itu siang maupun malam hari dan baik itu yang dilakukan jajaran Polres maupun Polsek, namun demikian kami juga berharap agar masyarakat juga ikut berpartisipasi menjaga keamanan diwilayah masing-masing. Jadi kami minta jangan segan dan takut untuk melaporkan setiap kejadian baik permasalahan pidana maupun konflik sosial yang terjadi dilingkungan masyarakat melalui kantor Polisi terdekat dan nomor Handphone pengaduan pelayanan yang kita sebar sebelumnya. Sekali lagi terimakasih atas penyampaianya Pak Nanang kami dari Polres Malinau akan lebih meningkatkan patroli sambang secara rutin ke permukiman warga maupun lokasi keramaian masyarakat lainya, tentunya juga selain dari jajaran Polsek kami melibatkan personel unit patroli dari Polres sebagai penebalan, kami dari Kepolisian di Polres Malinau juga akan berusaha secara maksimal menindaklanjuti apa yang dikeluhkan oleh masyarakat,” terang IPTU Maruli Gultom

Diharapkan Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom, melalui program Jum’at Curhat yang rutin dilaksanakan Polres Malinau ini, nantinya dapat menjadi langkah awal dalam membangun komunikasi yang lebih terbuka dan berkelanjutan antara Kepolisian dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Malinau dengan saling mendengar dan berdiskusi dengan harapan potensi permasalahan yang ada dapat diatasi secara bersama-sama untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!