Kasat Binmas Polres Malinau Laksanakan Binluh dan Sosialisasi Ops Bina Waspada Kayan 2023

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Dalam rangka Operasi (Ops) Bina Waspada Kayan 2023, Kepolisian Resor (Polres) Malinau melalui personel yang terlibat dalam Satuan Tugas (Satgas) Preventif dan Preemtif melaksanakan Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) serta Sosialisasi guna mengantisipasi penyebaran paham radikalisme, terorisme serta anti Pancasila ditengah-tengah masyarakat, Senin (28/8).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom menerangkan bahwa tujuan Binluh serta Sosialisasi ini dalam rangka mencegah penyebaran paham radikalisme, anti Pancasila dan intoleransi umat beragama yang berpotensi mengancam kerukunan dan persatuan masyarakat.

“Benar hari ini saya bersama personel yang terlibat surat perintah Ops Bina Waspada di Polres Malinau ini melakukan sambang dengan memberikan himbauan agar tidak terprovokasi oleh oknum atau isu yang memecah belah persatuan dan kesatuan yang berkaitan dengan toleransi kerukunan antara umat beragama. Kegiatan ini menyasar ke para tokoh yang berada di Kabupaten Malinau,” ujar Maruli Gultom

Lanjutnya, paham radikalisme yang tumbuh dalam masyarakat apabila tidak dicegah sejak dini akan menjadi ancaman bagi kerukunan bangsa, untuk itu dalam Ops Bina Waspada ini terus kami lakukan terhadap masyarakat.

“Operasinya sedang berjalan, tujuan Operasi ini adalah untuk menangkal paham-paham radikalisme yang disebar kelompok-kelompok tertentu yang apabila tidak dicegah sedini mungkin, akan mengancam keutuhaan bangsa. Jadi pada intinya kita sampaikan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam rangka mencegah paham radikalisme, anti pancasila dan intoleransi umat beragama,” terangnya

Ditambahkan IPTU Maruli Gultom, peranan dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan peran tokoh lainya sangat penting, karena mampu menyampaikan secara berkesinambungan sehingga himbauan yang diberikan bisa tersampaikan kepada masyarakat untuk menjaga Sitkamtibmas yang kondusif.

“Peran para tokoh ini sangat penting, kami juga mengharapkan kepada masyarakat untuk tidak ikut-ikutan dengan kelompok lain yang melakukan kegiatan melawan hukum sehingga dapat merugikan diri sendiri dan keluarga. Kami juga berharap kepada ketua RT untuk melaporkan semua pendatang baru di wilayah masing-masing sebagai upaya menciptakan Kamtibmas yang kondusif,” tutupya. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!