Pemotor Patuh Pakai Helem Usang, Polisi Berikan Helem Gratis

Polres Tasikmalaya.– Oprasi Patuh Lodaya, Polres Tasikmalaya, Jawa Barat dilakukan dengan cara berbeda, Senin (17/7/23). Pelanggar lalu lintas yang secara kasat mata terlihat, diberhentikan polisi. Meski diberikan teguran lisan, mereka justru mendapatkan helem gratis dari polisi. 

“Saya gak punya helem soalnya saya jatuh helemnya pecah, belum kebeli. Alhamdulillah dikasi helem ini,” kata Diki, Pemotor di lokasi.

Tak hanya pelanggar, Polisi juga berikan helem gratis bagi pemotor yang patuh berlalu lintas dengan helem usang. Mereka awalnya kaget, namun setelah diberikan helem tersenyum lebar.

“Kaget saya walau gak melanggar tetep aja kaget pak. Tapi ternyata dikasih helem,” kata Miftah, pemotor lain.

Selain memberikan helem, polisi juga berikan sembako gratis untuk ojek pangkalan yang patuh berlalu lintas. Mereka selalu kenakan helem dan membawa helem untuk penumpangnya.

“Dapat sembako, kalau sayamah selalu bawa helem pan keselematan juga. Kalau saya jatuh pakai helem aman, nah kalau penumpng gak oake helem gimana, jadi penumpang juga pakai helem,” kata Didik, ojek pangkalan.

Kepolisian pastikan kegiatan ini merupakan rangkaian oprasi patuh lodaya tahun 2023. Selain bentuk edukasi dan sosialisasi, helem juga ajarkan masyarakat pentingnya keselamatan di jalan.

“Kami tengah melaksanakan kegiatan dalam rangka Operasi Patuh Lodaya 2023, yang mana tadi kami juga memberikan edukasi terhadap pengendara motor sekaligus memberikan helm. Pastinya helm ini harus Standar Nasional Indonesia (SNI) ya,” ungkap Kapolres Tasikmalaya AKBP Suhardi Hery Haryanto kepada detikjabar pada Senin (17/7/2023) di lokasi.

Tambahnya, kegiatan ini juga berfokus pada keselamatan para pengendara motor, baik keselamatan dirinya maupun pengendara motor lain. Polisi himbau agar orang tua tidak izinkan anaknya pakai motor kesekolah apalagi tidak miliki SIM.

“Kami himbau agar masyarakat bijak berikan anaknya motor walau untuk sekolah, lebih baik antar jemput kalau ada kesempatan atau naik angkutan. Apalagi anaknya tidak punya helm,” kata AKP Abdhi Hendriyatna, Kasat Lantas Polres Tasikmalaya dilokasi yang sama.

Polisi beri helem untuk pelanggar lalin

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!