Kapolres Mempawah Ajak Seluruh Cakades Berperan Jaga Kamtibmas Selama Pilkades

MEMPAWAH,Polda Kalbar – Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono memberikan atensi terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara e-voting di 19 desa se-Kabupaten Mempawah yang akan dilaksanakan pada 12 Juni – 27 Juni 2023 mendatang.

Untuk itu AKBP Sudarsono pun turut berharap Calon Kades dan para timses dan seluruh masyarakat dapat bersama-sama menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Pilkades.

“Mari bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan Pilkades,” ujar Kapolres.

AKBP Sudarsono juga menekankan kepada para calon Kades agar tidak melakukan politik uang, menyebarkan berita hoaks dan kampanye hitam dalam masa pemilihan, serta tindak pidana yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

“Mari junjung tinggi sportivitas dan hak asasi manusia, serta bersikap humanis dan toleransi di dalam keberagaman, kerukunan dan adat istiadat. Tetap jaga kerukunan dan kedamaian,” tegas AKBP Sudarsono mengingatkan.

AKBP Sudarsono mengatakan, siapapun nantinya yang menjadi Kades, masyarakat berharap bisa membawa perubahan yang lebih baik.

“Serta mampu menyampaikan aspirasi masyarakat ke tingkat yang lebih tinggi,” terang AKBP Sudarsono.

AKBP Sudarsono juga meminta calon Kades untuk bertarung secara sportif, yakni memiliki mental siap menang dan siap kalah.

“Jika ada pelanggaran pada pelaksanaan Pilkades, maka tempuh proses yang sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Jangan sampai malah memprovokasi tim sukses, pendukung maupun masyarakat untuk membuat situasi tidak stabil yang akan mengganggu situasi kamtibmas,” harap AKBP Sudarsono.

Disampaikan AKBP Sudarsono, calon Kades mestinya mampu mengendalikan tim sukses dan pendukungnya untuk tidak mengintimidasi masyarakat apalagi memaksa memilih calon yang akan dipilih.

“Biarkan masyarakat memilih sesuai hati nurani mereka, karena pemimpin yang benar-benar dipilih oleh masyarakat akan memegang amanah yang teguh,” ucap AKBP Sudarsono.

Selain calon Kades, AKBP Sudarsono juga mengimbau kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai aturan perundangan-undangan yang telah diatur.

“Sebagai penyelenggara Pilkades, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, karena suksesnya pesta demokrasi di desa ini ada di tangan saudara selaku PPKD,” ujarnya.

Paling penting, imbuh Sudarsono, PPKD Desa mesti menjaga netralitas sebagai penyelenggara pilkades ini, jangan sampai memihak salah satu calon, kemudian berusaha memenangkannya dengan cara apa pun.

“Kami di Polres Mempawah akan selalu berkoordinasi guna menciptakan suasana kamtibmas yang kondusif baik itu sebelum, selama dan sesudah Pilkades. Mohon dukungan dari semua elemen masyarakat,” tutup Kapolres.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!