Peran Penting Bhabinkamtibmas serta Tugas – Tugas disampaikan Kapolsek Di Ruanganya

Polsek Banjar Polres Banjar Polda Jabar-
Bertempst Di ruang kapolsek, 7 anggota bhabinkamtibmas mendapatkan pengarahan Dari Kapolsek Banjar Sudi Hartono,S,Sos. Dalam hal ini kapoksek menyampaikan.

Peran Bhabinkamtibmas juga cukup vital dalam memberikan layanan atau bantuan kepolisian, terlebih di desa dan kelurahan yang tidak memiliki kantor polisi atau jauh dari kantor polisi. Nah, lalu bagaimana tugas, fungsi, dan wewenang Bhabinkamtibmas.

Dijelaskan Kapolsek Banjar, Bhabinkamtibmas tidak hanya bagian dari Polri yang bertugas memelihara Kamtibmas, penegakan hukum, pelindung, pengayom dan pelayanan kepada masyarakat, namun Bhabinkamtibmas juga garda terdepan, yang berkewajiban hadir dalam setiap aktivitas masyakat,

harus memiliki jiwa atau talenta yang kuat dalam meyakinkan masyarakat di dalam berkehidupan sosial, serta yang paling utama ialah, seorang Bhabinkamtibmas harus mampu memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang Kamtibmas.

“Saya berharap Bhabinkamtibmas semakin dekat dengan masyarakat sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dimasyarakat dengan Problem Solving maupun restrorative justice, dan masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke kantor polisi karena Bhabinkamtibmas kita sudah ada diseluruh kelurahandan desa, ” ucap Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo , S.H, S.I.K, M.M,

Tugas pokok Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan masyarakat, serta melakukan deteksi dini dan mediasi atau negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa atau kelurahan.

Bhabinkamtibmas adalah singkatan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Bhabinkamtibmas bertugas di tingkat desa dan kelurahan sesuai dengan Perkap Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Dengan begitu, Bhabinkamtibmas menjadi penghubung langsung antara institusi Polri dengan masyarakat di tingkat desa dan kelurahan dalam wilayah kerjanya., (12/04/23)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!