Kapolsek Cilimus Monitoring Ternak Sapi Bersama UPTD

Polres Kuningan _ Polres Kuningan Polda Jabar, Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda melalui Kapolsek Cilimus AKP Soemedi bersama anggotanya, Pada hari Sabtu Maret 2023 pukul 09.00 Wib telah dilaksanakan kordinasi dengan Kepala UPTD Puskeswan Cilimus Sdr. Rosyid, S.PKP terkait Adanya informasi penyebaran penyakit LSD (Lumpy Skin Disease) pada Hewan Sapi di wilayah Hukum Polsek Cilimus, Kata Kapolres AKBP Dhany Aryanda S.l.K.

Kapolres, AKBP Dhany Aryanda melalui Kapolsek Cilimus AKP Soemedi mengatakan, Didapat informasi dari Kepala UPTD Puskeswan Cilimus Sdr. Rosyid, S.PKP, diantaranya, Peternakan Sapi Jalu pemilik H. Rustawa berlokasi di Desa Karangmuncang Kecamatan Cigandamekar pemilik H. Rustawa, Sebanyak 15 ekor sapi terkena gejala penyakit LSD (Lumpy Skin Disease) dan sudah diberikan Vaksin jenis Bivovilis pada tanggal 28 Februari 2023 kemudian dilakukan karantina untuk proses pemulihan. Hewan sapi di peternakan tersebut sudah diberikan vaksin sebanyak 60 ekor

Kandang Sapi pemilik Sdr. Pendi Apendi berlokasi di Desa Bandorasakulon Kecamatan Cilimus Sebanyak 1 Ekor sapi terkena gejala penyakit LSD (Lumpy Skin Disease) dan sudah diberikan suntik analgesik dan vitamin pada tanggal 3 Maret 2023. Hewan Sapi di kandang tersebut ada sebanyak 3 ekor dan 2 ekor sebelumnya sudah berikan suntik sehat pada Bulan Desember 2022 tetapi belum divaksin, Tandas Kapolres AKBP Dhany Aryanda S.l.K.

Adapun telah dilakukan monitoring dan cek ke kandang peternakan tersebut oleh Bhabinkamtibmas Desa Bandorasakulon AIPDA Maulana Ulfah, S.H, Bhabinkamtibmas Desa Karangmuncang BRIPKA Ade Sutrisno, Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan himbauan kewaspadaan kepada pemilik sapi yang dapat dilakukan diantaranya, Mengenali dan mengenalkan penyakit LSD kepada masyarakat, terutama kepada peternak, Melaporkan bila menemukan penyakit dengan gejala seperti LSD, Mencegah masuknya penyakit dengan mengawasi lebih teliti lalu lintas ternak, hewan dan bahan pangan asal hewan dari luar maupun antar wilayah, Meningkatkan manajemen peternakan, Menerapkan biosekuriti secara disiplin di peternakan, Menjaga kondisi tubuh ternak agar tetap sehat dengan mencukupi kebutuhan pakan dan menyediakan kandang yang nyaman bagi ternak, Mengupayakan agar kandang dalam kondisi bersih, kering dan hangat, Menjaga kebersihan kandang dan lingkungannya, membersihkan sampah dan kotoran ternak setiap hari agar tidak menjadi sarang serangga penghisap darah, seperti nyamuk, caplak dan lalat karena serangga merupakan salah satu vektor yang menularkan penyakit LSD, Melakukan penyemprotan (spraying) kandang dengan anti serangga dan merendam ternak (dipping) dalam larutan insektisida secara berkala.

Terpisah Kapolres Cilimus AKP Soemedi mengatakan, Bahwa kegiatan kordinasi tersebut untuk mengetahui terkait Adanya informasi penyebaran penyakit LSD (Lumpy Skin Disease) pada Hewan Sapi di wilayah Hukum Polsek Cilimus, pungkasnya.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!