Fasilitasi Problem Solving, Upaya Jajaran Unit Reskrim Polsek Mancak Polres Cilegon Melalui Restorasi Justice

CILEGON-GemilangNews.Com,- Melalui jalur restorasi justice, jajaran unit Reskrim Polsek Mancak Polres Cilegon Polda Banten fasilitasi permasalahan yang timbul di tengah lingkungan warga masyarakat agar tidak menjadi sebuah potensi gangguan kamtibmas. Kamis (16/06/2022).

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Sigit Haryono, S.Ik., S.H., M.H., melalui Kapolsek Mancak Polres Cilegon Polda Banten AKP Dikdik Rustandi, S.Sos, M.Ip., saat dikonfirmasi di tempat terpisah menjelaskan bahwa dalam setiap permasalahan yang terjadi di tengah warga masyarakat/problem solving, tidak selalu harus melulu diselesaikan melalui jalur proses Hukum, oleh sebab itu melalui jajaran unit Reskrim berupaya untuk bisa menjadi fasilitator dalam mekanisme musyawarah terhadap permasalahan yang timbul tersebut.

Menurut IPTU Sabar Sijabat (Kanit Reskrim) seperti permasalah yang terjadi di lingkungan Pekaja Kulon, Desa Balekambang, Rabu (15/06) akibat permasalahan pencurian seekor burung berkicau, yang pada akhirnya tersangka yang berasal dari Desa Luwu, Kecamatan Gunung Sari tersebut tertangkap tangan lalu diamankan dan dibawa ke Polsek Mancak, terkait permasalahan tersebut, unit Reskrim berusaha mengundang kedua belah pihak untuk mendapatkan solusi penyelesaian bersama.

Berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak yang bermasalah bersedia untuk duduk bersama melakukan musyawarah dengan mengambil tepat di Mapolsek Mancak, melalui komunikasi dan dialogis bersama serta dilandasi dengan itikad baik kedua belah pihak dalam membahas permasalahan tersebut, akhirnya disepakati bahwa diselesaikan secara musyawarah kekeluargaan dan mufakat bersama tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, “Papar Sabar Sijabat.

Kapolsek Mancak Polres Cilegon Polda Banten berharap bahwa jajaran fungsi/unit di Polsek Mancak, mampu menjadi mediator dan fasilitator dalam mencarikan solusi yang terbaik bagi setiap permasalahan yang timbul di tengah warga masyarakat, “Tegasnya.

(YD~News)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!