Desa Gedangan, dari Tertinggal Menjadi Digital

Indramayu, GemilangNews.Com- Desa Gedangan Kecamatan Sukagumiwang bertekad untuk merubah dari desa tertinggal menjadi desa maju. Keinginan tersebut dibuktikan dengan Desa Gedangan menjadi desa digital.

Peluncuran Desa Gedangan Kecamatan  Sukagumiwang sebagai desa digital dilakukan oleh Plt. Bupati Indramayu  Taufik Hidayat, Kamis (24/09/2020) di halaman kantor desa setempat.

Kuwu Desa Gedangan, Supendi menjelaskan, dengan desa digital ini diharapkan masyarakat secara umum lebih mudah mengakses informasi yang diterima lebih akurat dan bersumber dari pemerintah desa bukan bersumber dari yang lain. Selain itu masyarakat bisa mendapatkan pelayanan publik secara lebih mudah hanya menggunakan teknologi berbasis android, dan untuk sementara masih menggunakan website desa sedangkan untuk masuk aplikasi masih dalam proses.

Supendi menambahkan, digitalisasi informasi dan pelayanan publik yang bisa dilakukan antara lain masyarakat bisa melihat monografi dan potensi yang ada di Desa Gedangan, informasi kegiatan pemerintah desa dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan untuk pelayanan publik, pemerintah desa dapat melayani masyarakat secara mudah yaitu masyarakat cukup dari rumah dengan menggunakan aplikasi dan memenuhi syarat-syarat tertentu, maka pemerintah desa langsung memproses kebutuhan masyarakat tersebut dan apabila sudah selesai masyarakat bisa mengambil di kantor desa sehingga tidak ada lagi keterlambatan dalam pelayanannya.

Semntara itu Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat mengatakan, hadirnya digitalisasi ini diharapkan akan membuat masyarakat Desa Gedangan menjadi semakin cepat dan mudah dalam mengurusi berbagai keperluan administrasi, sehingga efisiensi waktu pelayanan akan optimal serta tingkat kepuasan pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat akan jauh lebih tinggi.

Di samping memudahkan pelayanan, kehadiran desa digital Desa Gedangan juga mampu meningkatkan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat desa. 

“Berbagai potensi yang ada di desa, misalnya produk UMKM atau pariwisata bisa disebarluaskan melalui website desa dan kemudian akan membuat banyak orang mengetahui keunggulan dan setidaknya memberikan stimulus kepada orang lain untuk berkunjung atau membeli produk khas Desa Gedangan sehingga nantinya akan berdampak positif terhadap perekonomian,” tegas Taufik. 

Reporter : Rakiwan 

Admin     : Redaksi GN

JELAJAHI