Aksi Unjuk Rasa Dari Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia

PALEMBANG-GemilangNews.Com

Selasa,1 Mei 2018 jam 10.00 wib di halaman Monpera Palembang berlangsung aksi unjuk rasa dari Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Wilayah Provinsi Sumatra Selatan yang terdiri dari, KASBI Muba , KASBI Banyuasin, KASBI OKI, KASBI OI, dan KASBI Palembang yang bertujuan untuk Memperingati Hari Buruh Internasional.

Dengan Tema “Bangun Kekuatan Rakyat Tertindas, Rebut Demokrasi, Lawan Kebijakan anti Kesejahteraan Rakyat”. Bertindak sebagai Koraks M. Hadi Wirianto, M irwanto dan sebagai Korlap Tukiran, Ramlianto dan Julianto dan di ikuti oleh massa yang berjumlah sekitar 3000 orang.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Zulkarnain, Wakapolda Sumsel Brigjend Bimo dan Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono. Selain itu hadir pula Kadisnaker Provinsi Sumatra Selatan, Para Dir Polda Sumsel dan Dandim 0418/Plg.

Dalam Kegiatan aksi yang dilakukan antara lain massa berkumpul di BKB Palembang selanjutnya melaksanakan Long Mars dari pelataran BKB menuju halaman Monpera Palembang sambil berorasi selanjutnya setibanya di halaman monpera Palembang massa langsung melaksanakan kegiatan orasi dan membacakan “ikrar buruh “ secara bergantian.

Selanjutnya pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sumsel. Dalam aksinya ini massa juga membentangkan spanduk/poster yang isinya bertuliskan antara lain:

1. Tolak upah murah berlakukan upah layak nasional.

2. Kekerasan Pelecehan sexual
terhadap anak dan perempuan

3. Mudah berani militan

4. Bangun kekuatan politik masyarakat dan buruh yang tertindas

5. Stop dikriminasi terhadap buruh perempuan

6. Berlakukan jam kerja sesuai UU Naker

7. Cabut PP 78 PP upah murah.

8. Selamatkan buruh tani

9. Stop PHK Union Busting

10. Buruh perkebunan bukan anak tirih ibu pertiwi

11. Berikan tempat khusus bagi perempuan hamil

12. Laksanakan jaminan kesehatan terhadap buruh perempuan dab keluarganya

13. Hapus kerja kontrak atau aut shoursing

14. Jaminan Sosial bukan Asuransi

15. Berlakukan cuti tahunan sesuai UU Naker

16. Stop PHK union Busting

17 Hentikan kriminalisasi terhadap pengurus dan anggotanya

Adapun pernyataan sikap/tuntutan KASBI wilayah Provinsi Sumatra Selatan dihari buruh sedunia tahun 2018 antara lain sbb :

1. Upah layak nasional, tolak upah murah, cabut PP 78, cabut inpres No. 9 tahun 2013 dan cabut Kepmen penangguhan upah

2. Tolak sistem kerja kontrak Outsourcing, kontrak volume dan pemaganggan

3. Lawan dan hentikan kriminalisasi aktivis perburuhan OS RU III dengan cara cara busuk

4. Segera realisasikan upah 2018

5. Cabut Mou TNI-Polri yang anti Demokrasi

6. Tolak rancangan KUHP

Sepultura (sepuluh tuntutan rakyat) yang disampaikan sbb :

1. Hapus sistem kerja kontrak dan outsourching

2. Tolak politik upah murah

3. Berlakukan upah layak nasional

4. Tolak PHK, union busting dan kriminalisasi aktivis buruh

5. Laksanakan hak buruh perempuan dan lindungi buruh migran

6. Tangkap, adili dan penjarakan pengusaha nakal

7. Berlakukan jaminan sosial, bukan asuransi sosial

8. Turunkan harga Bbm dan kebutuhan pokok rakyat

9. Pendidikan dan kesehatan gratis untuk rakyat

10. Tolak privatisisasi, bangun industri nasional untuk kesejahteraan rakyat Tanah dan air

Para pengunjuk rasa diterima oleh Kapolda Sumsel Bpk. Irjen Pol. Zulkarnain pada jam 11.30 Wib dengan inti tanggapan sbb :

Assalammualaikum Wr. Wb
Yang saya hormati Kepala Dinas Tenaga Kerja Prov. Sumsel, Pangdam II/Swj diwakili Dandim 0418/Plg, Wakapolda Sumsel, Kapolresta Palembang kami mengucapkan selamat hari buruh sedunia 1 Mei 2018 (May Day) semoga buruh semakin jaya.

Kami selaku pihak Kepolisian akan mempasilitasi mengenai apa yang menjadi kendala yang dialami oleh buruh sesuai dengan bidang kepolisian, Polda Sumsel siap untuk membantu kendala yang di hadapi oleh buruh di wilayah Prov. Sumsel seperti adanya tindakan kriminalisasi dan penindasan terhadap kaum buruh.

Betapa pentingnya kaum buruh bagi kita semua karena tanpa adanya buruh maka siapa yang akan membangun infrastruktur dan pengerjaan lainnya.

Kami mengucapkan terimakasih kepada semuanya yang berada disini atas pelaksanaan kegiatan yang berjalan dengan tertib dan aman.

Tangapan dari Kadisnaker Provinsi Sumatra Selatan yang isinya sbb :

Saya mewakili Pemprov Sumsel mengucapkan selamat Hari Buruh Internasional 1 Mei 2018 (May Day) kepada semua buruh di wilayah Prov. Sumsel serta mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah hadir.

Mengenai apa yang menjadi tuntutan para buruh di wilayah Prov. Sumsel akan kami tampung dan akan disampaikan sehingga dapat terealisasikan.

Pada jam 12.00 Wib massa melaksanakan isoma dan akan melanjutkan kegiatan kembali pada jam 13.00 Wib.

Sejak jam 13.00 Wib massa kembali menggelar aksinya dengan melakukan kegiatan orasi secara bergantian dari masing-masing perwakilan sampai dengan jam 13.38 wib, maka kegiatan unjuk rasa KASBI selesai dilaksanakan.

Massa membubarkan diri dan untuk masing-masing massa perwakilan KASBI langsung kembali ke daerah masing-masing.

Reporter : Yuli Lesmana

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: gemilangnews.com/2018/05/01/aksi-unjuk-rasa-dari-konfederasi-kongres-aliansi-serikat-buruh-indonesia/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More on on that Topic: gemilangnews.com/2018/05/01/aksi-unjuk-rasa-dari-konfederasi-kongres-aliansi-serikat-buruh-indonesia/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: gemilangnews.com/2018/05/01/aksi-unjuk-rasa-dari-konfederasi-kongres-aliansi-serikat-buruh-indonesia/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Find More here on that Topic: gemilangnews.com/2018/05/01/aksi-unjuk-rasa-dari-konfederasi-kongres-aliansi-serikat-buruh-indonesia/ […]

  5. … [Trackback]

    […] There you can find 23315 more Info on that Topic: gemilangnews.com/2018/05/01/aksi-unjuk-rasa-dari-konfederasi-kongres-aliansi-serikat-buruh-indonesia/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!