Peduli Sesama, Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto Daerah D Gelar Rapid Test Gratis

BANYUMAS-GemilangNews.Com

Banyumas – Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto Daerah D laksanakan uji cepat (tes cepat) Covid-19 gratis bagi masyarakat Banyumas yang tidak mampu, Rabu (20/5/2020) di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan
Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase). Tes cepat dilakukan oleh para petugas medis Rumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto. Selain melaksanakan tes cepat dalam kegiatan ini, Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto Daerah D juga menyediakan vitamin.

Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto Daerah D Ny. Anita Dani Wardhana didampingi pengurus saat melaksanakan peninjauan tes cepat menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Dharma Pertiwi Pusat dan Oase.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan kepedulian Dharma Pertiwi khususnya Koorcab Purwokerto Daerah D terhadap sesama warga bangsa akibat mewabahnya pandemi Covid-19. “Prosedur pemeriksaan ini merupakan screening awal apakah tubuh reaktif terhadap infeksi virus. Rapid test diikuti 50 warga masyarakat tidak mampu disekitar Makorem 071/Wijayakusuma. Dalam proses kegiatannya, kita lakukan sesuai standar protokol kesehatan, disemprot disinfektan, cuci tangan, pengecekan suhu badan, jaga jarak dan memakai masker”, ungkapnya.

Ny. Anita menyampaikan, dengan kegiatan tes cepat ini diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di Banyumas. “Mudah-berharap di Banyumas ini menjadi zona hijau dan semua warganya terbebas dari wabah Covid-19,” harapnya.

Kapala Rumkit TK-III 04.04.01 Wijayakusuma Purwokerto Letkol Ckm dr. Markus Wibowo, Sp.OT., menyampaikan, Rapid Test adalah metode screening awal untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh bila ada paparan dari virus Corona/Covid 19. “Rapid Test adalah pemeriksaan screening atau penyaring, bukan untuk mendiagnosa infeksi Covid 19”, terangnya.

Kegiatan Rapid test dihadiri anggota Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto yaitu unsur Persit KCK Koorcabrem 071, Pia Ardya Garini Cab 8 DI Lanud JB Soedirman Purbalingga, Cabang 3 Koorcab Daerah Jalasenastri Armada II Lanal Cilacap serta masyarakat yg kurang mampu disekitar wilayah Banyumas. (Red GN)