Kesiapan Festival Pawai Obor Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah, Kapolres Bengkayang Gelar Jum’at Curhat

Bengkayang, Kalbar – Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K., memimpin kegiatan Jum’at Curhat dengan tema “Menjaga Ketertiban Festival Pawai Obor Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah di Kabupaten Bengkayang, bertempat di Aula Tunggal Panaluan Polres Bengkayang, Jum’at (8/3/24) pagi.

Adapun kegiatan dihadiri Pju Polres Bengkayang, perwakilan Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang, Kasi Lalulintas Dishub Kabupaten Bengkayang, Analis Kebijakan Ahli Muda Disperindag Kabupaten Bengkayang, perwakilan PHBI Kabupaten Bengkayang, Ketua Pengurus Masjid Agung Syuhada Bengkayang, serta perwakilan Satpol PP Kabupaten Bengkayang.

Dalam pembukaanya Kapolres mengatakan bahwa pada kegiatan Pawai Obor tentunya akan menyita banyak perhatian dan akan memiliki potensi ancaman gangguan.

“Oleh karena itu, kami meminta saran dan masukkan untuk mengantisipasi setiap ancaman gangguan yang akan mengganggu ketertiban selama pelaksanaan kegiatan Pawai Obor,” ucap Kapolres.

Lebih dalam dijelaskan Kapolres, konsep pengamanan yang dilaksanakan yaitu melalui keterpaduan dan kolaborasi.

Lanjut Kapolres, ia meminta kepada Panitia agar mengingatkan seluruh peserta sebelum kegiatan terkait penggunaan obor. Kemudian, agar panitia menyiapkan Apar serta meminta kepada tenaga kesehatan agar ikut mengawal kegiatan tersebut.

“Panitia juga diharapkan melakukan sosialisasi melalui media sosial terkait kegiatan Pawai Obor agar masyarakat mengetahui adanya kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan PHBI Kabupaten Bengkayang Muftaharrdiman menyampaikan bahwa Pawai Obor telah disepakati akan dilaksanakan pada hari Sabtu (9/3/24) setelah sholat isya.

“Pawai Obor ini diperkirakan pesertanya sekitar ±800 orang yang ditargetkan pesertanya yaitu para remaja,” ucap Muftaharrdiman.

Muftaharrdiman menambahkan, rute Pawai Obor akan dimulai dari Masjid Agung Syuhada, Jalan Jerendeng, Jalan Pasar Tengah, Jalan Ngura, Jalan Jerendeng, Jalan Perwira, dan diakhiri di Masjid Agung Syuhada.

“Untuk pengamanan internal, kami libatkan anggota Pramuka seragam lengkap, Banser, dan Pemuda Muhammadiyah yang akan berjaga dipinggir jalan sekitar rute,” tambahnya.

Mengenai hal tersebut, Kapolres mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan personel untuk melakukan pengamanan di setiap titik yang telah di ploting, serta pengawalan oleh personel Sat Lantas serta tim Patroli Roda Dua dari Sat Samapta guna memberikan kelancaran, rasa aman dan situasi yang kondusif selama kegiatan Pawai Obor berlangsung.

(Hms)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!