Wujudkan Malam Natal Yang Aman, Kasat Intelkam Polres Malinau Tinjau Pelaksanaan Pengamanan Ibadah Malam Natal

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Menjelang ibadah perayaan malam Natal 2023, Kepolisian Resor (Polres) Malinau dan jajaran bersinergi dengan TNI dan Pemerintah Daerah melakukan pengamanan ibadah malam Natal di seluruh Gereja yang tersebar diwilayah Kabupaten Malinau pada Minggu (24/12) malam.

Setelah sebelumnya menggelar apel gabungan kesiapan pengamanan perayaan Natal 2023 di halaman Mapolres Malinau pada Minggu (24/12) sore, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., yang diwakili Kasat Intelkam Polres Malinau IPTU Mohammad Soleh bersama Asisten I Pemda Malinau Drs. Kamran Daik, M.Si., Pasi Ops Kodim 0910/Malinau KAPTEN Inf Mashuri A. Bakari, Korwil BIN Kabupaten Malinau Rahmat S, Kasi Propam Polres Malinau IPDA Jhonson Parlindungan Simbolon dan Paurmin Bag Ops Polres Malinau IPDA Jauhar Makawi melakukan patroli dan peninjauan ke beberapa Gereja yang berada di Kabupaten Malinau, Minggu (24/12) malam.

Dalam kegiatan patroli dan peninjauanya, rombongan terlebih dahulu menyinggahi sejumlah Gereja diantaranya GKII Malinau Kota, kemudian dilanjutkan ke GKII Ekklasia Tanjung Lapang dan berakhir di GKPI Kuala Lapang.

Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Intelkam Polres Malinau IPTU Mohammad Soleh menerangkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengecek kesiapan Gereja dan juga memantau kesiapan personel dalam melakukan pengamanan di Gereja guna mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas saat pelaksanaan ibadah malam Natal.

IPTU Mohammad Soleh menegaskan, Polres Malinau bersama dengan jajaran TNI dan Pemerintah Daerah akan terus melakukan pemantauan dan pengamanan sampai nanti di saat malam Tahun Baru 2024.

“Kami sengaja turun langsung memantau pelaksanaan kegiatan pengamanan ibadah malam Natal pada beberapa Gereja yang ada di dalam perkotaan Malinau guna memastikan pelaksanaan ibadah dapat berjalan dengan lancar dan kondusif. Kami akan bekerja maksimal dan bersinergi dengan seluruh jajaran TNI-Polri bersama stakeholder terkait dalam menghadapi perayaan Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024 nantinya diwilayah kita Bumi Intimung, Kabupaten Malinau,” ungkap IPTU Mohammad Soleh

Pada kesempatan tersebut, IPTU Mohammad Soleh bersama rombongan juga menjumpai pengurus Gereja beserta sejumlah jemaat Gereja lainya, dan mereka merasa aman dan senang atas kunjungan yang dilakukan TNI-Polri dan Pemerintah Daerah untuk memantau situasi dan kondisi di sekitar Gereja.

Dihadapan pengurus Gereja beserta sejumlah jemaat IPTU Mohammad Soleh juga menjelaskan, seluruh pelaksanaan kegiatan ibadah malam Natal 2023 di tiap-tiap Gereja akan menjadi fokus Polres Malinau untuk memberikan pengamanan serta pelayanan yang terbaik, agar rangkaian kegiatan ibadah malam Natal 2023 di Kabupaten Malinau berjalan aman, damai dan sejuk.

“Secara keseluruhan, sampai dengan saat ini dalam pelaksanaan perayaan ibadah malam Natal 2023 diwilayah Kabupaten Malinau berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Kami juga akan tetap memperkuat pengamanan dengan memploting personel nantinya pada perayaan Natal besok tanggal 25 Desember 2023 hingga Tahun Baru 1 Januari 2024. Tentunya diharapkan juga partisipasi seluruh masyarakat agar tetap bersama-sama dengan kami dalam menjaga situasi di Kabupaten Malinau agar tetap kondusif, ini sangat kami harapkan,” tambah IPTU Mohammad Soleh

Tidak lupa, IPTU Mohammad Soleh juga menghimbau para jemaat yang dijumpai untuk mengajak seluruh masyarakat umat Kristiani agar bersukaria dalam melaksanakan Hari Raya Natal, dan apabila hendak bepergian agar memastikan rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman guna mencegah hal-hal yang tidak diingkan.

“Kami ucapkan Selamat Merayakan Hari Raya Natal 25 Desember 2023, semoga Damai Natal selalu membawa sukacita dan kedamaian bagi kita semua. Saya himbau juga saat merayakan Natal dan Tahun Baru nanti agar sama-sama kita menjaga Sitkamtibmas yang aman dan kondusif serta pastikan rumah yang ditinggal dalam keadaan aman, jangan sampai hal ini dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan,” tutup Kasat Intelkam Polres Malinau IPTU Mohammad Soleh. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!