Gelar Jum’at Curhat, Kasat Binmas Polres Malinau Dengar Aspirasi Ketua RT 14 Desa Tanjung Lapang

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., yang diwakili Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom didampingi PS. Kaurbinopsnal Satbinmas AIPDA Andi Ashar dan PS. Kanitbinkamsa AIPDA Zaenal Ariefin menerima sejumlah aspirasi masyarakat melalui program Jum’at Curhat yang diadakan di Pos Kamling RT 14, Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Kabupaten Malinau, Jum’at (1/12) dini hari.

Kegiatan tersebut merupakan upaya dari Kepolisian Resor (Polres) Malinau dalam menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan langsung dengan pihak Kepolisian mengenai berbagai isu dan permasalahan yang ada dilingkungan sekitar.

Aspirasi tersebut datang dari Ketua RT 14 Desa Tanjung Lapang Bapak Baoak Bram dalam momen dialog interaktif bersama sejumlah warganya yang sedang melaksanakan ronda malam yang turut menyampaikan terimakasihnya atas peluang atau kesempatan yang diberikan oleh Kasat Binmas melalui silaturahmi malam ini melalui momen yang bertajuk Jum’at Curhat.

“Pertama, kami mengucapkan terimakasih Pak Gultom atas kesempatannya yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi kami disini pada malam ini. Kemudian yang kedua kami disini mempunyai harapan kepada Polres Malinau supaya aparat Kepolisian rutin menyambangi kami ataupun patroli ke wilayah permukiman warga kami, tentunya hal ini bertujuan agar silaturahmi semakin akrab dan semakin terjaga sehingga apabila ada sesuatu yang terjadi diwilayah kami ini, kami tidak sungkan-sungkan untuk melapor kepada pihak Kepolisian. Karena saya yakin, semakin seringnya anggota Polri sambang semakin kecil kemungkinan akan terjadinya tindak kriminalitas yang dikarenakan pelaku-pelaku kriminalitas ini nantinya akan berpikir dua kali untuk berbuat kejahatan berkat kehadiran pihak Kepolisian yang rutin melaksanakan sambang ataupun patroli, kami bersyukur hingga saat ini wilayah kami tetap aman, itu saja Pak Gultom,” ucap Baoak Bram

Menanggapi penyampaian tersebut, Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom sebelumnya turut menyampaikan rasa terimakasih kepada Ketua RT 14 Desa Tanjung Lapang Bapak Baoak Bram beserta warganya yang telah hadir dan menyambut kehadirannya dengan hangat.

Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom juga menerangkan, bahwa program Jum’at Curhat yang rutin dilaksanakan setiap minggunya ini merupakan program Polri secara nasional yang bertujuan mendekatkan Polri dengan masyarakat sekaligus menerima usul dan saran dari masyarakat terkait kinerja Kepolisian maupun berkaitan dengan situasi Kamtibmas.

“Diadakannya Jum’at Curhat ini, selain untuk mempererat kemitraan dengan elemen masyarakat, kami ingin menggali permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat sehingga Polri mengetahui setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat serta dapat duduk bersama untuk mencari penyelesaian dan solusi, sehingga akan terciptanya situasi yang kondusif. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak dan Ibu sekalian karena telah menerima kami dengan baik walaupun kedatangan kami telah menyita waktu Bapak dan Ibu semua,” ujar IPTU Maruli Gultom

Dikesempatan itu juga, IPTU Maruli Gultom menanggapi penyampaian Ketua RT 14 Desa Tanjung Lapang dan menyampaikan ucapan terimakasih atas aspirasi serta masukan yang diberikan terkait diharapkanya petugas Kepolisian untuk intensif melakukan patroli di permukiman warganya.

“Polres Malinau berkomitmen akan secara optimal untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat dan akan mengoptimalkan patroli atau memonitoring setiap perkembangan situasi wilayah untuk menekan tindak kriminalitas maupun potensi gangguan Kamtibmas lainya. Kami juga akan rutin menggelar patroli sambang ke permukiman warga khususnya di RT 14 Desa Tanjung Lapang ini sekaligus ke Pos Kamling-Pos Kamling untuk mengajak para Kasat Kamling dan anggota Sat Kamling untuk bersama-sama menjaga Sitkamtibmas agar tetap kondusif sekaligus bertukar informasi. Untuk kegiatan patroli ini sebenarnya sudah kita lakukan, namun demikian kami akan tingkatkan kembali melalui personel Polsek Malinau Barat dan Satsamapta Polres. Diharapkan juga masyarakat juga ikut berpartisipasi menjaga keamanan di Desa masing-masing maupun lokasi-lokasi tertentu dan tentunya jangan ragu menghubungi pihak Kepolisian jika mengetahui potensi adanya gangguan Kamtibmas,” terang IPTU Maruli Gultom

Terakhir, IPTU Maruli Gultom juga menghimbau seluruh elemen masyarakat dalam hal pentingnya penguatan strategi komunikasi publik menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang yang diminta untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang berkembang dan diharapkan memverifikasi lebih dahulu informasi yang beredar di Media Sosial (Medsos), karena berdasarkan analisa sebaran informasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kondusifitas daerah.

“Kami himbau juga kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu dan juga berita Hoax yang dapat memecah belah masyarakat menjelang Pemilu 2024, walaupun berbeda pilihan dalam Pemilu nanti diharapkan tetap menjaga kekeluargaan, menjaga kebersamaan, mempererat silaturahmi, jangan sampai terhasut atau jangan sampai termakan isu Hoak yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, sebelum menyebarluaskan tentunya di teliti dan di saring terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut,” tutup Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!