Kapolsek Cidahu Monitoring Pemberian Vitamin dan Antibiotik Hewan Sapi Penyakit LSD (Lumpy Skin Disease)

Polres Kuningan _ Polres Kuningan Polda Jawa Barat, Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda melalui Kapolsek Cidahu IPTU Makmudin, Pada hari Sabtu 10 Maret 2023 pukul 11.30 WIB sampai dengan selesai, Bertempat di Desa Datar, Desa Bunder dan Desa Legok Kecamatan Cidahu Kab. Kuningan, telah dilaksanakan Monitoring Pemberian vitamin dan Antibiotik serta penyemprotan disinfektan terhadap hewan Sapi penyakit LSD (Lumpy Skin Disease) atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit Lato-lato, Kata Kapolres AKBP Dhany Aryanda.

Kapolres, AKBP Dhany Aryanda melalui Kapolsek Cidahu IPTU Makmudin mengatakan, Sapi yang terserang LSD menunjukkan beberapa gejala seperti demam, timbulnya benjolan-benjolan pada kulit dengan batas yang jelas, sehingga penyakit ini bisa juga dinamai penyakit kulit benjol, keropeng pada hidung dan rongga mulut dan pembengkakan pada kelenjar pertahanan. Dampak penyebaran penyakit ini dapat menimbulkan kondisi fisik sapi lemah hingga nafsu makan hilang,” ungkapnya.

Penyakit LSD bukan merupakan penyakit Zoonosis (penyakit yg dapat ditularkan dari hewan kepada manusia atau sebaliknya) sehingga tidak menular kepada manusia, namun daging hewan yang terjangkit penyakit LSD tidak layak dikonsumsi karena daging tersebut mengalami (lack of nutrient ptotein asam amino) kekurangan nutrisi protein terutama asam amino dalam daging habis.

Adapun Pemilik dan jumlah sapi yang diberikan Vitamin, Antibiotik dan semprotan Disinfektan diantaranya :

  • Desa Bunder sodara Sapja, Dusun Pahing RT 4 RW 5 Desa Bunder Kec. Cidahu Jumlah Hewan 1 ekor sapi
  • sodara Janudin, Dusun Kliwon RT 5 RW 1 Desa Bunder Kec. Cidahu Jumlah Hewan 2 ekor sapi
  • Desa Datar
    sodara Miska, Dusun Puhun RT 03 RW 04 Desa Datar Kec. Cidahu
    Jumlah hewan 2 ekor sapi
  • Desa Legok
    sodara Casli, Dusun Wage RT 03 RW 04 Desa Legok Kec. Cidahu
    Jumlah Hewan : 1 ekor sapi dan sodara Carsedi, Dusun Wage RT 03 RW 04 Desa Legok Kec. Cidahu Jumlah Hewan 2 ekor sapi

Dalam pelaksanaan pemberian vitamin dan Antibiotik serta penyemprotan disinfektan dilaksanakan oleh Kapuskeswan UPTD Ciawigebang Sdr. Aris Sutrisna, S.pt. dan Staf Sdr. Angga Pemberian vitamin dan Antibiotik serta penyemprotan disinfektan, supaya dapat mencegah penyebaran penyakit LSD (Lumpy Skin Disease) lebih luas di wilayah Kecamatan Cidahu dan Kalimanggis Kab. Kuningan, Tandas Kapolres AKBP Dhany Aryanda.

Menurut rencana pihak UPTD Puskesmas Ciawigebang akan memberikan suntikan Vaksinasi bagi hewan Sapi yang sehat di wilayah Kecamatan Cidahu dan Kalimanggis pada Minggu depan / Minggu ke dua bulan Maret 2023.

Selama berlangsungnya Kegiatan berjalan aman, tertib dan Lancar, Pungkas Kapolres AKBP Dhany Aryanda melalui Kasi Humas Polres Kuningan Polda Jabar IPDA Endar Kuswanadi kepada awak media.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!