Keluarga Manusia Silver terus Meningkat, Komnas PA Ajak Pemerintah lakukan Pendekatan Kemanusiaan

Jakarta, GemilangNews.Com- Terkait adanya kehadiran keluarga manusia silver, Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait angkat bicara soal pendekatan kriminalitas bukanlah suatu Solusi. 

Hal tersebut didapati di wilayah Kota Depok dan Tangsel yang dimana telah ditemukan 200 Keluarga Manusia Silver melibatkan balita dan bayi. 

“Pelibatan anak bayi 8 bulan oleh ibu kandungnya sebagai Bayi Silver di Tangerang Selatan mendapat atensi Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak.” Ujar Arist. 

Menurut Arist pelibatan bayi sebagai manusia silver bersama ibunya sebagai alat untuk mendapatkan uang dari masyarakat merupakan bentuk kekerasan terhadap anak dan kejahatan kemanusiaan dan merendahkan martabat anak. Pelibatan bayi silver telah mencoreng wajah pemerintahan kota Tangsel.

“Seolah-olah pemerintahan Tangsel dan masyarakat tak mampu menjawab masalah sosial baru, apa itu karena pandemi covid-19 atau karena masalah kemiskinannya yang tak teratasi.” Tuturnya. 

Oleh sebab itu, menurutnya dengan munculnya masalah sosial baru ini harus dihentikan dan dicari jalan keluar atau solusi yang berprikemanusiaan, Komnas Perlindungan Anak meminta Satpol PP atau Dinas Sosial Kota Tangsel menanggalkan pendekatan atau penyelesaian melaui pendekatan kriminal. 

Arist Merdeka dalam hal ini mengajak pemerintahan Tangsel untuk melakukan pendekatan kemanusiaan.

“Meningkatnya melibatkan anak, balita dan ibu sebagai Keluarga Silver telah menjadi fenomena yang memprihatinkan dan telah menjadi masalah sosial baru di Indonesia.” Ungkap Arist melalui rilis tertulisnya. Senin, (27/09). 

“Depok dan di kota-kota lain ditemukan banyak anak selain anak menjadi dan hidup sebagai ANJAL, Pemulung dan pengemis jalanan saat ini telah banyak  muncul masalah sosial baru.” Tambah Arist. 

Dirinya menerangkan di Kota Depok saja data terkonfirmasi di temukan 200 manusia Silver yang melibatkan anak Balita, Bayi dan ibu.

“Dari data yang dikumpulkan dari berbagai sumber manusia silver, ada banyak bermunculan manusia silver di Depok disebabkan merebaknya pandemi Covid-19. Dimana banyak anggota masyarakat Depok yang semula berprofesi sebagai pemulung, sopir angkot dan pedagang kaki lima terpaksa berpindah profesi sebagai keluarga Manusia Silver.” Terangnya. 

Dari hasil riset dilapangan tersebut ditemui Amir Hamza (35) asal Medan, dirinya mengatakan biaya untuk mencat tubuh berwarna Silver dalam satu keluarga Manusia Silver diakui membutuhkan dana Rp.1 000.000.,- untuk membeli serbuk Silver termasuk minyak goreng atau handbody sebagai campurannya untuk dioleskan dalam seluruh tubuh.

 “Saya, dan kedua anak dan istri saya setelah melumuri silver, saya mewajibkan setiap wajah keluarga termasuk anak dan istri saya di beri tanda garis merah  diwwajah agar masyarakat mengetahui dan mengenalinya bahwa manusia Silver bergaris merah atau Keluarga Manusia Silver adalah masyarakat pencari nafkah bukan pelaku krimimal seperti yang dikenal masyarakat selama ini”, demikian Amir Hamza menjelaskan dan menyampaikan harapannya kepada Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak.

Dari informasi, data dan keterangan, harapan dari keluarga Manusia Silver;  Komnas Perlindungan Anak mengajak pemerintah khusus pemerintahan Tangsel dan Kota Depok dan pemerintahan kota-kota lainnya di Indonesia agar tidak melakukan pendekatan kriminalitas untuk menyelesaikannya.

Dikatakan Arist Masalah sosial Kesejahteraan baru ini harus dicari solusi melalui pendekatan kemanusiaan dan akar masalah yang menjadi penyebabnya. Kemudian dengan maraknya masalah kesejahteraan sosial baru dan demi kepentingan terbaik anak ini Pemerintah  wajib mengalokasikan dan diakonia sosial (pelayanan sosial kemanusiaan-red) yang cukup memadai.

“Pendekatan Kriminalitas bukan solusi tetapi justru menambah meningkatnya masalah sosial baru anak dan keluarga.”imbuh Arist Merdeka dalam keterangan persnya.

(Redaksi GN/Komnas PA)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Read More Information here to that Topic: gemilangnews.com/2021/09/27/keluarga-manusia-silver-terus-meningkat-komnas-pa-ajak-pemerintah-lakukan-pendekatan-kemanusiaan/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More on to that Topic: gemilangnews.com/2021/09/27/keluarga-manusia-silver-terus-meningkat-komnas-pa-ajak-pemerintah-lakukan-pendekatan-kemanusiaan/ […]

  3. … [Trackback]

    […] There you will find 79550 additional Info to that Topic: gemilangnews.com/2021/09/27/keluarga-manusia-silver-terus-meningkat-komnas-pa-ajak-pemerintah-lakukan-pendekatan-kemanusiaan/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Info to that Topic: gemilangnews.com/2021/09/27/keluarga-manusia-silver-terus-meningkat-komnas-pa-ajak-pemerintah-lakukan-pendekatan-kemanusiaan/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!