Muspika Kecamatan Tulis Gelar Apel Siaga Tanggap Bencana

BATANG-GemilangNews.Com

Untuk mengantisipasi bencana alam diwilayahnya, jajaran Muspika kecamatan Tulis menggelar apel Siaga Tanggap Bencana di halaman kantor kecamatan setempat, Rabu (25/11/2020).

Selaku pembina apel siaga tanggap bencana adalah Camat Tulis Tridjanto.
Nampak hadir Danramil 12/Tulis Kapten Inf. Supirno, Kapolsek Tulis Polres Batang AKP Agus Windarto, Kepala Puskesmas Tulis dr. Ali Balqi.

Apel tersebut diikuti dari unsur TNI/Polri, Linmas serta perangkat desa se kecamatan Tulis.

Camat Tulis Tridjanto mengatakan kegiatan apel siaga tanggap bencana dilakukan sebagai langkah kesiapan mengantisipasi bencana.

“Kita berdoa semoga tidak ada bencana, namun jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam di wilayah kecamatan Tulis kita siap menanggulangi secara cepat, karena kita sudah mempersiapkan sebelumnya,” kata Camat Tulis.

Saat ini Kabupaten Batang sudah memasuki musim penghujan, khususnya diwilayah kecamatan Tulis intensitas turun hujan tidak bisa diprediksi.

“Oleh karena itu, saya mengimbau Kepala Desa yang daerahnya terdapat tebing atau bukit selalu dimonitor saat turun hujan, siapa tahu ada tebing yang longsor,” imbaunya.

Sedangkan desa yang berada didataran rendah, kata dia, jangan lengah tetap siaga siapa tahu ada kiriman air dari daerah atas.

Ia juga berharap, apel siaga ini dijadikan momentum untuk meningkatkan sinergitas TNI, Polri dan Aparat Desa terkait dengan tugas-tugas kemanusiaan dan tanggap bencana.

Menurutnya, tanggap bencana bukan tugas Muspika saja tetapi tugas kita bersama untuk saling membantu dan menjaga. Maka perlu pengaktifan pos-pos siaga bencana dengan segenap unsur pendukungnya.

“Saya berharap pemerintah desa agar selalu koordinasi dengan Muspika untuk membuat pos-pos di kecamatan bahkan di desa yang terdapat titik-titik kerawanan banjir maupun tanah longsor,” bebernya.

Ia melanjutkan, meskipun kita fokus pada bencana tanah longsor dan banjir, namun kita tidak boleh lengah dengan Covid-19. Dimana kita berada jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan.

“Saya berharap masyarakat dapat bekerja sama dan kompak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan semoga bencana alam tidak terjadi diwilayah kita,” pungkasnya.

Kapolsek Tulis Polres Batang AKP Agus Windarto menambahkan agar semua pihak selalu bersama dalam pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19.
“Mari kita saling bersinergi dalam penanganan Covid-19, agar dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” tambahnya. (Red Gemilangnews.com)

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] There you will find 1990 more Information on that Topic: gemilangnews.com/2020/11/25/muspika-kecamatan-tulis-gelar-apel-siaga-tanggap-bencana/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: gemilangnews.com/2020/11/25/muspika-kecamatan-tulis-gelar-apel-siaga-tanggap-bencana/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!