Ipong : Era Digital Dibutuhkan Peran Anak Muda dalam Pengembangan UMKM

Ponorogo, GemilangNews.Com– Bangkitnya industri rumahan atau home industri yaitu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di hampir semua desa atau kelurahan yang ada di Kabupaten Ponorogo kembali menjadi perhatian calon bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni. Saat Nggowes Pagi keliling Kecamatan Jetis, Selasa (20/10/2020), Ipong didampingi anggota DPRD Ponorogo seperti Sunarto (Ketua), Sunarto, Isnaini (Nasdem), Komarudin (Golkar), Eka Rekno Setiyani (Gerindra) juga mampir di UMKM aneka jajanan di Desa Mojomati milik Sujiem yang dikelola dengan Karang Taruna Nusa Bhakti Desa Mojomati.

Era sekarang ini yang serba digital menurut Ipong sangat dibutuhkan oleh industri rumahan dalam memajukannya mulai produksi, packing (kemasan) hingga pemasarannya. 

“Apalagi saat ini jamanya serba online,” ujar Ipong Muchlissoni.

Menurutnya, UMKM harus dipadukan dengan kegiatan karang taruna di masing-masing desa/kelurahan. 

“Industri rumahan atau UMKM bisa dipadukan dengan kegiatan karang taruna seperti yang dilakukan oleh Karang Taruna Nusa Bhakti Desa Mojomati ini, disini anak mudanya kreatif bisa berkolaborasi dengan industri rumahan aneka jajanan,” pintanya.

Dia sangat yakin jika di seluruh Desa/Kelurahan yang ada di Bumi Reyog Karang Taruna bisa berkolaborasi dengan UMKM tidak ada namanya krisis. 

“Tentu kita mendorong dari kelembagaan, manajemen, kualitas produksi UMKM dan Alhamdulilah selama empat tahun ini sudah tumbuh UMKM di pelosok desa yang berkolaborasi dengan karang taruna,” katanya.

Ditemui terpisah Veri Adi Wirawan selaku Ketua Karang Taruna Nusa Bhakti mengaku dirinya bersama pengurus dan anggota lainnya ikut membantu produksi, memabantu kemasan dan memasarkan aneka jajanan khas Desa Mojomati. 

“Kegiatan ini sudah berjalan dalam waktu tiga tahunan ini,” papar Veri.

Sementara itu, Sujiem mengaku industri rumahan aneka jajanan yang dia tekuni sejak beberapa tahun lalu bisa menjalani pasar Ponorogo dan beberapa wilayah luar Bumi Reyog. 

“Kami dibantu anak-anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna Nusa Bhakti Desa Mojomati dalam hal packing dan pemasarannya,” jelas Sujiem.

Reporter : (Muh Nurcholis)

Admin     : (Redaksi GN) 

JELAJAHI