Kapolres Bengkayang Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Malam Pergantian Tahun Baru 2024

Bengkayang, Kalbar – Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K. memimpin apel kesiapan pengamanan malam pergantian Tahun Baru 2024 di Kabupaten Bengkayang, bertempat di Halaman Mapolres Bengkayang, Minggu (31/12/23) sore.

Apel dihadiri oleh Forkopimda, TNI, Instansi Terkait, Mitra Kamtibmas dan personel dari Polres Bengkayang. Adapun apel tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan sarpras dan personel dalam rangka pengamanan malam Tahun Baru 2024 di wilayah Kabupaten Bengkayang.

Perayaan malam Tahun Baru 2024, secara universal dirayakan melalui ibadah Umat Nasrani dan perayaan tahun baru di tempat-tempat hiburan yang akan meningkatkan aktivitas keramaian. Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas.

Dalam sambutannya, Kapolres Bengkayang menghimbau kepada masyarakat, untuk tetap berada dirumah dalam menyambut malam pergantian tahun, guna mencegah terjadinya hal-hal yang berhubungan dengan gangguan kamtibmas.

Sementara itu, Kapolres mengatakan dalam pelaksanaan pengamanan malam Tahun Baru 2024, kuat personel berjumlah 520 orang yang terdiri dari 398 personel Polri yang tersebar diseluruh Polsek Jajaran, 40 personel TNI, 20 personel Satpol PP, 10 personel Dishub, 10 Ormas GP Ansor, 10 Ormas Pemuda Pancasila, 20 Saka Bhayangkara, 10 BPKS dan 2 personel Dinkes serta stakeholder terkait lainnya yang telah ditempatkan dititik pengamanan.

“Kami sudah siapkan Pos Pengamanan dan Pelayanan dalam menyambut pergantian malam tahun baru serta kami ploting personel dari Polres Bengkayang, TNI dan Instansi Terkait, dan Mitra Kamtibmas untuk berjaga di tiap persimpangan, tempat hiburan rakyat dan di gereja-gereja yang melaksanakan ibadah,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan patroli gabungan dalam skala besar untuk mencegah aksi-aksi yang menyebabkan terjadinya gangguan kamtibmas dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar merayakan malam tahun baru dirumah.

Ia juga menjelaskan bahwa pengamanan Tahun Baru 2024 merupakan tugas rutin yang harus di pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar. Selain itu perayaan pergantian tahun baru 2024 ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Pada kesempatan itu juga, Kapolres meminta agar personel pengamanan dapat meningkatkan sinergitas dan soliditas dalam pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan kegiatan pengamanan malam Tahun Baru 2024 di Kabupaten Bengkayang.

“Personel yang sudah diploting ditempatnya, agar mengerti dengan tugas dan tanggung jawabnya, kedepankan pendekatan preemtif dan preventif secara humanis serta lakukan penegakkan hukum secara tegas dan profesional apabila terjadi tindak pidana dan kepada seluruh anggota agar tetap waspada dan mengantisipasi terhadap aksi terorisme,” katanya.

“Lakukan komunikasi ataupun dialog interaktif dengan masyarakat yang ada disekitar tempat pengamanan sehingga pastikan kita dan masyarakat bersama-sama melakukan pengamanan guna terwujudnya situasi yang kondusif selama malam pergantian tahun,” tambah Kapolres.

Terakhir, Kapolres berpesan agar semua personel pengamanan senantiasa menjaga kesehatan, jadikan pengamanan malam tahun baru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!