Keren, Aksi Humanis Kasat Lantas Polres Purwakarta Bantu Pengguna Jalan Ganti Ban Bocor

POLRES PURWAKARTA – Aksi sigap Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Purwakarta, AKP Dadang Supriadi saat gelaran Operasi Lilin Lodaya 2023 patut diacungi jempol.

Pasalnya, AKP Dadang Supriadi membantu warga yang mengalami pecah ban di ruas jalur KM 74.600 Tol Cipali jalur A, tepatnya di Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Pada Sabtu, 23 Desember 2023.

Diketahui, mobil Toyota Agya berwarna putih dengan nomor Polisi B 1983 LDT yang hendak menuju Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Melihat ada kendaraan yang mengalami bocor ban depan, Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Dadang Supriadi yang tengah melakukan patroli teratur di Tol Cipali langsung sigap menghampiri mobil yang alami bocor ban tersebut. Tanpa banyak tanya, Dadang langsung turun membantu kendaraan yang mengalami Ban bocor tersebut.

Aksi terpuji ditunjukkan oleh perwira berpangkat tiga balok di pundaknya itu saat menjalankan tugasnya pengamanan dan mengatur lalu lintas selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Lantas, AKP Dadang mengatakan, dirinya yang sedang melakukan patroli ketertiban berlalu lintas mendapati adanya pengendara mobil yang tampak bersusah payah mengganti ban mobil di bahu jalan.

“Saat itu kami sedang melaksanakan patroli teratur di Tol Cipali. Kemudian melihat sebuah kendaraan di berhenti di pinggir jalan tol KM 74.600 Tol Cipali jalur A, rupanya ban depan mobil tersebut bocor. Lalu, saya tersebut berinisiatif untuk memberikan bantuan terhadap pengendara tersebut. Agar dapat segera melanjutkan perjalanan hingga sampai tujuan, dengan selamat,” ucap Dadang, pada Sabtu, 23 Desember 2023.

Tak butuh waktu lama, Kasat Lantas bersama anggota segera membantu sang sopir untuk mengganti ban mobil yang bocor tersebut sambil melakukan pengaturan dan mengawasi lalu lintas persis disamping mobil tersebut berhenti.

Dadang menambahkan, personel Satlantas Polres Purwakarta tidak hanya mengurai kepadatan lalulintas dan pengamanan saja, tapi mereka juga bertugas membantu pengendara yang mengalami kendala.

Ia menyebut, aksi cepat tanggap ini bagian dari tugas pokok pengamanan pihak Kepolisian yang bertugas mengamankan jalannya kelancaran libur Nataru.

“Sebagimana arahan Pak Kapolres Purwakarta, dalam pengamanan libur Nataru ini, polisi dituntut harus sigap melayani jalannya arus mudik, tak terkecuali jika ada kendaraan mogok atau bocor polisi wajib membantu memperbaiki ban bocor maupun kendala lainnya,” sebut Dadang.

Dia mengatakan, Polisi yang bertugas mengamankan libur Nataru, jadi jika ada kendaraan warga yang mogok atau bocor ban, polisi yang bertugas harus langsung sigap membantu masalah yang dialami masyarakat.

“Pasalnya, Polisi bukanlah Profesi, melainkan sebuah janji untuk melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat,” tegas Dadang.

Pihaknya pun memberikan imbauan kepada pengendara agar selalu berhati-hati saat berada di jalan raya dengan selalu mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas.

“Cek kelayakan kendaraan sebelum digunakan demi kesiapan perjalanan. Khususnya untuk jarak jauh,” pesan AKP Dadang Supriadi. (Publish: Polres Pangandaran, )

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!