Wakapolres Purwakarta Lakukan Pengecekan Ruang Tahan, Ini Tujuanya

PURWAKARTA – Pengecekan rutin ruangan tahan (Rutan) Mapolres Purwakarta, terus dilakukan oleh Personel Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat.

Kali ini, pengecekan dilakukan Wakapolres Purwakarta, Kompol Ricky Adi Pratama yang didampingi Kasi Propam, AKP Atik Sakron, pada Senin, 18 Desember 2023

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Wakapolres, Kompol Ricky Adi Pratama mengatakan, pengecekan ruang tahanan ini tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan seperti tahanan kabur, pengecekan kesehatan tahanan dan sebagainya.

“Pengecekan mulai rumah tahanan, buku mutasi di dalam rutan, memastikan rutan benar benar aman, guna memastikan tidak ada celah bagi tahanan untuk melarikan diri ataupun memasukkan benda berbahaya,” ungkap Ricky.

Ia menjelaskan, pengecekan ini dilakukan untuk memantau secara langsung kondisi ruang tahan dan memastikan penghuninya dalam kondisi sehat serta lengkap.

“Pengecekan ini dilaksanakan dengan tujuan dapat mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tahanan kabur dan sebagainya,” ucap Wakapolres.

Dalam kesempatan itu, lanjut Ricky, petugas jaga tahanan agar terus meningkatkan kewaspadaan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

“Kontrol tahanan ini wajib dilaksanakan oleh setiap petugas piket jaga, gunanya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan piket jagapun wajib mengontrol baik kesehatan maupun ruangan sel itu sendiri,” ujarnya.

Ditambahkannya, pengecekan ruang tahanan tersebut juga rutin dilakukan secara mendadak untuk memastikan agar petugas selalu waspada terhadap semua kemungkinan.

“Setelah kita cek tadi, jeruji besi dan juga ventilasi ruang tahanan dalam kondisi bagus, sehingga tidak perlu perbaikan. Tapi pengecekan mendadak akan terus dilakukan,” imbuhnya.

Ricky meminta, petugas jaga tahanan untuk selalu memperhatihakan kebersihan ruang tahanan, kondisi ruang tahanan dan kondisi tahanan.

“Kebersihan ruang tahanan itu penting agar tahanan sehat, bila ruang tahanan ada yang kurang baik agar segera dilaporkan,” ujarnya.

Ricky berpesan agar kondisi tahanan khususnya kesehatan tahanan agar selalu diperhatikan, bila ada tahanan yang sakit agar disampaikan ke Dokes untuk berobat.

“Para petugas jaga tahanan agar kewaspadaan ditingkatkan, lakukan pengecekan dan kontrol tahanan setiap saat, dan jaga kebersihan serta perhatikan makan dan olahraga tahanan sehingga para tahanan tidak berpikiran macam-macam selama ditahan,” pungkasnya.

Purwakarta, Senin, 18 Desember 2023

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!