Satgas Operasi Operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024 Laksanakan Pengamanan dan Pengawalan Logistik Pemilu Tahun 2024

PONTIANAK, POLDA KALBAR – Satgas Operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024 melaksanakan pengamanan dan pengawalan Pergeseran Logistik Pemilu Jenis Surat Suara ke KPU Kabupaten dan Kota di Wilayah Kalbar.

Pergeseran logistik pemilu tahun 2024 ini berupa surat suara DPR RI serta DPRD Kabupaten/Kota, di Pelabuhan Dwikora Pontianak, pada Selasa 5 Desember 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pangdam XII/Tpr diwakili Pamen Ahli Bidang Ideologi Politik Kolonel Inf Abdul Hamid, Pj. Gubernur Kalbar diwakili Kakesbangpol Prov. Kalbar Drs. H. Manto Saidi. M.Si, Kapolda Kalbar diwakili Karoops Polda Kalbar Kombes Pol.Moch Noor Subchan S.I.K., M.H., Kajati Kalbar diwakili Aspidum Kajati Kalbar Fajar Sukristyawan S.H., M.H, Ketua KPU Provinsi Kalbar M. Syarifudin Budi, Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar Mursyid Hidayat, S.Sos, Perwakilan dari PT. Pelindo Bpk. Murgiono serta Instansi lainnya.

Ketua KPU Provinsi Kalbar M. Syarifudin Budi mengatakan, bahwa ada 18 kontainer yang akan dilepas dalam beberapa hari ini.

Sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh KPU Provinsi Kalbar, untuk KPU Kabupaten Sintang, Sambas dan Kapuas Hulu, sebanyak enam peti kemas, dikirim hari ini Selasa 5 Desember 2023.

“Untuk KPU Kabupaten Mempawah, Sanggau, dan Bengkayang, sebanyak lima peti kemas, dikirim pada Rabu 6 Desember 2023,” jelasnya.

KPU Kabupaten Sekadau, Melawi dan Landak, sebanyak empat peti kemas, dikirim pada Kamis 7 Desember 2023.

Sedangkan KPU Kabupaten Ketapang, sebanyak tiga peti kemas, dikirim pada Jumat 8 Desember 2023.

“Untuk empat Kabupaten/Kota lainnya menyusul di pengiriman tanggal 8 Desember 2023 melalui pelabuhan Tanjung Mas Semarang,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk surat suara Presiden dan DPD dikirim dalam gelombang berikutnya. Sebelum tanggal 15 Januari 2024 sudah tiba di gudang logistik Kabupaten/Kota.

Pergerakan pengiriman logistik Pemilu untuk wilayah Kalbar sendiri mulai dari tanggal 1 Desember 2023 pukul 8.45 WIB dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju ke pelabuhan Dwikora Pontianak. Dengan menggunakan pelayaran Meratus mengangkut 18 kontainer, yang terdiri dari 16 kontainer 20 feet dan 2 kontainer 40 feet.

Selain itu, Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., yang diwakili Karoops Polda Kalbar Kombes Pol Moch Noor Subchan mengatakan, kami dari Polda Kalbar mendukung sepenuhnya apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab KPU Provinsi Kalbar, kapan saja minta bantuan kami siap membatu dalam pelaksanaannya.

Bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka mendistribusikan logistik pemilu ke wilayah Provinsi Kalimantan Barat berupa Surat Suara untuk DPR- RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut tidak menutup kemungkinan ada potensi kerawanan dalam pendistribusian maupun kendala teknis armada yang mengangkut logistik tersebut.

“Kepada anggota yang bertugas, laksanakan pengawalan surat suara yang bersifat nasional ini, tidak boleh ceroboh dan harus tetap waspada dalam perjalanan pengantaran surat Suara DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota untuk pemilu tahun 2024 jadi harus di kawal ketat selalu waspada akan kemungkinan yang akan terjadi selama perjalanan,” tutupnya. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!