Personel Polres Singkawang Laksanakan Pengamanan Kampanye Di Kota Singkawang

SINGKAWANG, Polda Kalbar – Polres Singkawang, Personil Polres Singkawang yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024 laksanakan pengamanan kegiatan kampanye peserta pemilu tahun 2024, salah satunya pengamanan Kampanye dengan kegiatan Bakti Sosial Kesehatan yang dilaksanakan Salah satu Caleg di Jl. Cempaka Rt. 013 Rw. 005 Kel. Jawa Kec. Singkawang Tengah Kota Singkawang, Senin (4/12/2023).

Dalam kegiatan Pengamanan tersebut di pimpin oleh Kasubsatgas Propam AKP Hermanto, Bahwa tujuan dari pelaksanaan kampanye dari partai politik adalah untuk Mendapatkan Dukungan Pemilih, Kampanye bertujuan untuk mendapatkan dukungan pemilih agar partai tersebut memperoleh suara lebih banyak dalam pemilihan, Mengkomunikasikan Visi dan Program, Kampanye digunakan untuk menyampaikan visi, misi, dan program partai kepada pemilih, membantu mereka dalam memahami platform politik.

Kapolres Singkawang AKBP Arwin Amrih Wientama, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Singkawang Tengah IPTU Nawawi menuturkan, Bahwa Tujuan dilaksanakannya pengamanan dari kepolisian saat kampanye partai politik melibatkan beberapa aspek, untuk Memastikan Keamanan dan Ketertiban Umum, Kepolisian bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kampanye agar proses politik berlangsung dengan damai dan tidak terganggu oleh tindakan kekerasan atau ancaman.

Kegiatan Pengamanan ini juga untuk Mencegah terjadinya Kriminalitas, Pengamanan bertujuan untuk mencegah tindakan kriminal, seperti penipuan pemilihan, intimidasi, atau gangguan terhadap peserta kampanye, Polisi berperan dalam melindungi hak setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam proses demokratis tanpa adanya ancaman atau tekanan yang tidak sah.

Selain itu tujuan pengamanan juga untuk Menanggulangi Potensi Konflik, Dengan kehadiran polisi, potensi konflik antarpendukung partai politik atau kelompok dapat diminimalkan, mencegah eskalasi kekerasan, selain itu Kepolisian juga bertugas menegakkan hukum terkait pelanggaran aturan kampanye dan tindakan ilegal lainnya yang dapat mengganggu integritas proses politik.

Dan tujuan pengamanan juga untuk Memberikan Rasa Aman, Kehadiran polisi akan menciptakan lingkungan yang aman bagi peserta kampanye, calon, dan pemilih sehingga mereka dapat berpartisipasi tanpa takut akan keamanan pribadi mereka.

Pentingnya pengamanan dalam kampanye politik adalah untuk memastikan bahwa proses demokratis dapat berjalan dengan aman, lancar, adil dan damai, Pungkasnya. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!