Kapolres Sekadau AKBP Suyono Tegaskan Jaga Netralitas Anggota Polri Menjelang Pemilu 2024

SEKADAU, Polda Kalbar – Kapolres Sekadau, AKBP Suyono, dengan tegas mengingatkan seluruh anggota Polres Sekadau tentang pentingnya mematuhi peraturan disiplin hingga kode etik profesi menjelang Pemilu 2024.

Larangan itu berdasarkan Keputusan Kapolri, dan ditindak lanjuti oleh Kapolda Kalbar hingga jajaran Polres Sekadau. Dalam larangan tersebut ada beberapa poin yang harus dipatuhi setiap anggota Polri.

“Anggota Polri dilarang untuk melakukan foto pose dengan jari tertentu serta bijak menggunakan media sosial menjelang pemilihan umum (pemilu), terutama pose yang dapat dikaitkan atau mengarah kepada Partai atau Caleg. Hal ini sangat penting untuk menjaga netralitas anggota Polri” tegas AKBP Suyono, Selasa (7/11/2023).

AKBP Suyono menambahkan, anggota Polri juga dilarang memberikan dukungan kepada partai politik dan calon legislatif. Mereka tidak diperbolehkan menggunakan atribut pemilu, menjadi narasumber dalam rapat atau kampanye, membantu mendeklarasikan dukungan kepada partai, maupun memberikan fasilitas dinas atau pribadi dalam kepentingan politik.

Larangan ini bertujuan untuk menjaga citra dan integritas Polri, serta memastikan bahwa anggota Polres Sekadau tetap netral dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis menjelang pemilu. Menjaga aturan netralitas adalah kewajiban bagi anggota Polri dalam menjalankan tugas mereka sebagai aparat penegak hukum.

“Tidak ada tempat bagi anggota Polri untuk terlibat dalam kegiatan politik praktis atau memberikan preferensi terhadap calon tertentu. Kita harus menjaga profesionalitas Polri demi terwujudnya pemilu yang adil dan demokratis,” ujar AKBP Suyono.

Selain itu, Kapolres Sekadau juga mengingatkan bahwa larangan ini sudah berlaku dan anggota yang melanggarnya akan dikenai sanksi sesuai dengan kode etik profesi Polri.

“Larangan ini sudah disampaikan kepada seluruh anggota di Polres hingga Polsek jajaran dan wajib dipatuhi. Netralitas dan ketidakberpihakan adalah prinsip utama yang harus dipegang teguh oleh anggota Polri dalam menjalankan tugas menjaga keamanan dalam Pemilu,” tandasnya. (Ar)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!