Minggu Kasih, Warga Curhat Tanyakan Perihal Pembuatan SIM

TANJUNG SELOR, Polda Kaltara, Polresta Bulungan – Melalui program Minggu Kasih, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bulungan kembali menyerap segala aspirasi ataupun keluh kesah dari seluruh elemen masyarakat. Dengan harapan cara itu dapat semakin mendekatkan diri antara kepolisian dan masyarakat.
Seperti yang berlangsung di Jl. Sabanar Baru Tanjung Selor Kab. Bulungan, Minggu (5/11/2023). Personel Polresta Bulungan membangun komunikasi dua arah bersama masyarakat di wilayah tersebut. Kedatangan personel yang dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polresta Bulungan, IPTU Bernard Firman P. Siregar, S.H disambut hangat.
Interaksi pun terbangun, Rasiman salah satu warga pertama menanyakan perihal syarat pembuatan surat izin mengemudi (SIM). Apakah dalam proses pengurusannya membayar atau sebaliknya. Mengingat, banyak informasi beredar bahwa pengurusan SIM harus membayar dalam arti bukan membayar yang semestinya. “Melalui kesempatan ini. Saya bertanya bahwa apakah urus SIM itu bisa bayar kah pak?,” tanyanya kepada pihak kepolisian.
Menanggapi hal itu langsung, Kasat Binmas Polresta Bulungan memberikan sebuah penjelasan. Bahwa memang untuk pengurusan SIM ada yang dibayar. Yaitu biaya PNBP-nya. Tapi kalau dimaksud bayar diawal terus kemudian tidak perlu tes dan kartusm SIM nya langsung jadi. Maka, itu tidak bisa pak. “Tetap para pemohon harus mengikuti sistematis tes dari pemberkasan, uji komputer dan uji lapangannya pak. Sehingga apabila telah sukses melewati semua tes tersebut maka pemohon dapat dikatakan berhak untuk memiliki SIM atas dirinya sendiri ya pak,” bebernya.
Sebagai tambahan, Kasat Binmas himbau kepada masyarakat sekalian bahwasanya ini sudah memasuki tahun politik dan sekarang juga sudah mulai tahapan pemilu. Sehingga diharapkan semua senantiasa memperkuat rasa persatuan dan kesatuan. Karena walaupun berbeda pilihan tentu tidak bisa mempengaruhi hak tersebut.
“Namun sebaliknya dengan perbedaan itulah mampu untuk melahirkan sikap toleransi antar sesama, sehingga pemilu 2024 bisa berjalan dengan sukses,” tukasnya. (HmsPolresta)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!