Ketua TKBM Lapor Ke Wakapolres Malinau Terkait Kendala di Pelabuhan Saat Jum’at Curhat

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Melalui program Jum’at Curhat yang aktif dijalankan secara maraton oleh Kepolisian Resor (Polres) Malinau dan jajaran, menjadi salah satu upaya Polri untuk mempererat hubungan silaturahmi dengan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Malinau.

Selain untuk menyampaikan pesan-pesan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) kepada warga masyarakat, program Jum’at Curhat yang dijalankan Polres Malinau ini juga banyak menampung pesan, keluhan maupun aspirasi dari masyarakat terkait dengan situasi Kamtibmas diwilayahnya.

Dalam suasana yang penuh kebersamaan, Ketua Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Speed Malinau Andi Azis dan sejumlah anggotanya ini berkesempatan bertatap muka dan berbagi cerita dengan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., yang pada pelaksanaanya siang ini diwakilkan oleh Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Malinau KOMPOL Satya Chusnur Ramadhana, S.H., didampingi Kasat Binmas IPTU Maruli Gultom bertempat di Pelabuhan Speed Malinau lewat pelaksanaan program dari Polres Malinau yang telah berjalan secara rutin selama ini yakni Jum’at Curhat, Jum’at (3/11).

Dari kegiatan tersebut, Ketua TKBM Pelabuhan Speed Malinau Andi Azis menyampaikan sangat senang dengan kehadiran pimpinan-pimpinan Polri di Polres Malinau ini ditengah-tengah mereka, dikarenakan warga masyarakat khususnya para buruh bongkar muat barang ini dapat langsung bertatap muka serta berdialog dengan pihak Kepolisian.

“Tentunya yang pertama kami disini sangat senang dengan hadirnya bapak-bapak Polisi ini yang telah meluangkan waktunya untuk bertatap muka sekaligus bincang-bincang dengan kami para buruh-buruh bongkar muat Pelabuhan Speed Malinau ini, apalagi yang turun langsung seorang pimpinan,” ujar Andi Azis

Dalam sesi curhat, beberapa permasalahan disampaikan oleh Andi Azis kepada Wakapolres Malinau, yang pertama terkait langkah-langkah yang harus diambil apabila menemukan barang-barang (paketan) dari Speed yang tidak jelas alamat tujuan dan juga tidak mencantumkan nomor HP di barang tersebut.

Selain itu, Andi Azis juga meminta petugas Kepolisian untuk menertibkan masyarakat yang menjemput keluarganya khususnya saat kedatangan para penumpang yang baru tiba di Pelabuhan Malinau untuk tidak turun ke Speed yang dikawatirkan akan terjadi penumpukan di jembatan ataupun di dalam Speed yang nantinya dapat membuat jembatan atau Speed miring atau oleng yang bisa berakibat jatuhnya korban.

Tidak sampai disitu, ia juga menyampaikan kepada Wakapolres Malinau bahwa di Pelabuhan ini terdapat aturan yang mengatur tentang penjemputan atau mengantar para penumpang Speed yang tidak di jemput keluarganya, seperti adanya angkot dan ojek khusus yang menetap di Pelabuhan.

Oleh sebab itu, ia meminta pihak Kepolisian untuk membantu menertibkan para oknum supir angkot maupun ojek luar yang sering dijumpainya menjemput atau mengantar penumpang Speed yang tidak dijemput keluarganya untuk menghindari terjadinya gesekan antara supir angkot maupun ojek lainya.

Sementara itu, Wakapolres Malinau KOMPOL Satya Chusnur Ramadhana, S.H., dalam penyampaianya sebelumnya mengatakan bahwa program Jum’at Curhat ini merupakan program komunikasi dua arah antara pihak Kepolisian yang dalam hal ini dari Polres Malinau bersama dengan masyarakat, khususnya kepada para TKBM Pelabuhan Speed Malinau yang hadir bersama Polres Malinau untuk membahas permasalahan seputar Kamtibmas dan pelayanan Polri diwilayah Kabupaten Malinau.

“Jadi terbukti, pada momen Jum’at Curhat yang rutin dilaksanakan ini sangat banyak sekali dampak positifnya, seperti yang disampaikan Pak Andi Azis tadi terdapat sejumlah penyampaian yang membutuhkan tindak lanjut. Terkait dengan penyampaian pada poin pertama, apabila buruh menemukan adanya barang dari Speed yang tidak jelas alamat tujuannya ataupun tidak mencantumkan nomor HP di barang tersebut, kami himbau untuk segera melaporkan kepada petugas Kepolisian yang ada di Pelabuhan, di khawatirkan barang tersebut adalah barang ada kaitannya dengan kejahatan ataupun narkoba sehingga kami dari Kepolisian bisa segera berkoordinasi dengan petugas Kepolisian di Polres seperti Satnarkoba ataupun Satreskrim untuk di tindaklanjuti. Kemudian pada poin kedua, kami himbau juga masyarakat yang hendak menjumput keluarganya yang baru tiba di Pelabuhan agar tidak turun ke Speed yang bisa berakibat jatuhnya korban karena jembatan oleng atau miring, kami akan koordinasikan dengan pihak terkait untuk di perketat pengamanannya saat jam-jam kedatangan maupun saat mengantar penumpang ini. Dan untuk poin ketiga, kami juga akan koordinasikan dengan pihak terkait untuk mensosialisasikan aturan-aturan yang ada di Pelabuhan ini, supaya tidak terjadinya benturan ataupun hal-hal yang bisa mengakibatkan tidak kondusifnya Kamtibmas di Pelabuhan ini,” terang Wakapolres Malinau KOMPOL Satya Chusnur Ramadhana, S.H.

Dalam kegiatan Jum’at Curhat siang ini juga, Wakapolres Malinau menyampaikan bahwa hubungan yang harmonis harus selalu dibangun oleh seluruh elemen masyarakat untuk membantu Polri dalam menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Diharapkan setiap warga masyarakat untuk dapat terus berkesinambungan menjaga keamanan dan ketertiban bersama serta bekerja sama dengan Polri untuk menjaga kekondusifan wilayah Malinau ini. Saya himbau juga kepada seluruh masyarakat diharapkan bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri, keluarga dan lingkungannya. Karena, dengan begitu nantinya dapat menjaga Sitkamtibmas tetap kondusif diwilayah Bumi Intimung yang kita cintai ini,” tambah Wakapolres Malinau

Setelah selesai dilaksanakanya dengan sesi tanya jawab, kegiatan Jum’at Curhat Wakapolres Malinau hari ini diakhiri dengan sesi foto bersama. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!