Musim Kemarau, Personel Polres Malinau Giatkan Sosialisasi Pencegahan Karhutla

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Kepolisian Resor (Polres) Malinau terus mengambil langkah strategis dan serius dalam upaya penanganan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) saat musim kemarau tiba yang rentan terjadi bencana kebakaran, baik kebakaran hutan maupun lahan.

Salah satu cara yang dilakukan Polres Malinau ialah terus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya Karhutla. Salah satunya dengan cara melakukan patroli dialogis dan sosialisasi Karhutla secara intensif melalui peran Bhabinkamtibmas maupun personel Polres Malinau lainya kepada warga masyarakat diwilayah Kabupaten Malinau.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom menerangkan bahwa dalam aksi nyata untuk menyadarkan warga masyarakat akan bahaya dan dampak negatif dari Karhutla, Polres Malinau telah intensif dengan penuh dedikasi untuk melaksanakan patroli dialogis dan sosialisasi dalam upaya penanganan Karhutla diwilayah Kabupaten Malinau.

“Tentunya pada saat musim kemarau itu tiba rentan terjadi bencana kebakaran, baik kebakaran hutan maupun lahan yang nantinya menjadi isu nasional dan perlu adanya penanganan serius dari semua pihak. Untuk itu, Polres Malinau telah melakukan langkah dengan gencar melakukan patroli dialogis sekaligus sosialisasi serta memberikan himbauan terkait larangan dan pencegahan Karhutla baik dengan cara penempelan stiker, pemasangan spanduk maupun interaksi langsung dengan warga masyarakat melalui seluruh personel Polres maupun Bhabinkamtibmas jajaran,” ujar IPTU Maruli Gultom

Kasat Binmas Polres Malinau IPTU Maruli Gultom juga menjelaskan, bahaya membuka hutan atau lahan dengan cara dibakar bisa merusak ekosistem, pencemaran udara, gangguan kesehatan dan juga sanksi hukuman pidana bagi masyarakat yang melakukan pembakaran hutan atau lahan.

“Diwilayah Malinau ini sangat luas lahan yang kosong. Untuk itu, kegiatan sosialisasi dan himbauan ini terus dilakukan setiap harinya dengan menghimbau masyarakat untuk dapat melestarikan alam dan bersama Pemerintah mencegah terjadinya Karhutla yang dapat merusak kesehatan dan juga dapat menimbulkan dampak-dampak lainya. Pendekatan kepada masyarakat juga terus diupayakan melalui sosialisasi pencegahan karhutla yang dilakukan personel Polres Malinau dengan mendatangi masyarakat pada berbagai kesempatan yang turut menyampaikan pesan dan ajakan untuk mencegah terjadinya Karhutla melalui aksi mendatangi rumah-rumah, kebun dan ladang, tempat berkumpul, bahkan kepada masyarakat desa yang mereka temui di rute patroli para personel Polres Malinau,” pungkasnya

Melalui kegiatan sosialisasi seperti ini, IPTU Maruli Gultom berharap masyarakat akan semakin sadar akan bahaya pembakaran hutan dan lahan serta akan berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Dengan kerjasama yang baik antara aparat keamanan dan masyarakat, diharapkan kebakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir, sehingga lingkungan dan kehidupan masyarakat tetap aman dan nyaman, khususnya diwilayah kita ini Kabupaten Malinau, karena praktik ini telah terbukti merugikan lingkungan dan membawa dampak yang signifikan, termasuk kabut asap yang mengganggu kualitas udara serta kerusakan ekosistem yang sulit diperbaiki,” tutupnya. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!