Polres Ciamis Beri Pembinaan ke Pengguna Satpam di Kabupaten Ciamis

CIAMIS ~ Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan pembinaan kepada pengguna Satuan Pengamanan (Satpam) di Kabupaten Ciamis. Pembinaan ini dilaksanakan di Aula Pesat Gatra Mapolres Ciamis, Jalan Jenderal Sudirman No.271, Sindangrasa, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (12/9/2023).

Pembinaan ini dihadiri secara langsung oleh Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH., S.I.K., M.T., Wakapolres Ciamis Kompol Apri Rahman SE dan sejumlah pejabat utama Polres Ciamis Polda Jabar. Selain itu tentunya penyedia jasa pengamanan di Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan itu, turut disampaikan sejumlah sosialisasi tentang jasa pengamanan. Salah satunya sosoalisasi tentang Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 1 Tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasstyo Yudhangkoro SH., S.I.K., M.T., mengatakan, Satuan Pengamanan (SATPAM) adalah Bidang pengamanan swakarsa bentukan POLRI sebagai pengemban tugas Kepolisian Terbatas untuk membantu POLRI dalam bidang penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat. Terkhusus dilingkungan dan sebagai Penegak Peraturan Perusahaan didalam suatu Badan usaha Perusahaan (Swasta & BUMN) yang telah melaksanakan pendidikan kualifikasi GADA dan memiliki izin dari POLRI dan BUJP untuk penyelengaraan pengamanan.

“Satuan pengamanan atau biasa dikenal dengan Satpam merupakan sebuah profesi yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban umum di lingkungan masyarakat,” kata Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Adapun tugas Satpam, kata Kapolres Ciamis Polda Jabar, meliputi pengamanan suatu aset, instansi, proyek, bangunan, properti atau tempat dan melakukan pemantauan peralatan, pengawasan, pemeriksaan dan jalur akses. Semua untuk memastikan keamanan dan mencegah kerugian atau kerusakan yang disengaja, melakukan tindakan preventif keamanan.

“Keberadaan Satpam tentu sangat membantu kami dalam mewujudkan Harkamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Ciamis Polda Jabar. Sehingga sinergitas harus terus kita bangun guna memberikan rasa nyaman masyarakat,” katanya.

Ciamis, Kapolres Ciamis, Polda Jabar.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!