Pasca Kejadian Penganiayaan di Lahan PT.KCMU Pemda Pesisir Barat Akan Mengambil Sikap

Pesisir Barat-Gemilangnews.com- sempat mencekam Pada Hari Selasa 15 Agustus 2023 sekira pukul 16.00 wib di Perkebunan Sawit Simpang Lima Kupang Ulu Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat telah terjadi Keributan antara Mitra PT.KCMU dengan kelompok Masyarakat yang tergabung dalam Payuguban Pambers.

Kejadian berawal saat Masyarakat yang tergabung dalam Pambers sejumlah 20 orang sedang berada di Lokasi lahan PT KCMU melakukan panen buah kelapa sawit yang diakui milik masyarakat tersebut tiba-tiba datang rombongan Mitra PT.KCMU dengan jumlah lebih banyak langsung melakukan penyerangan dengan menggunakan parang sehingga keributan terjadi dan tidak bisa dihindarkan dan terdapat 5 orang korban luka berat dan ringan sehingga masyarakat yang tergabung dalam kelompok mengatasnamakan Pambers mundur dan menyelamatkan diri masing-masing.

konflik yang terjadi dilahan PT KCMU merupakan konflik yang sudah lama terjadi beberapa masyarakat yang bergabung mengatasnamakan kelompok penguyuban korban lahan PT KCMU dengan di ketuai sdr Nurjaman yang berkoalisi dengan organisasi Pambers pesisir barat, sudah beberapa kali melakukan aksi hingga kemudian mereka melakukan reklaming mendirikan Pos di Lahan PT KCMU .

Konflik yang terjadi membuat Polda Lampung melakukan upaya pengamanan dengan mengirimkan pasukan BKO Brimob dan rayonisasi Polres guna membantu personil Polres Pesisir Barat untuk mengamankan wilayah perusahaan dan Masyarakat pesisir Barat.

Dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam Polda Lampung berhasil ungkap kasus tindak pidana pengeroyokan atau penganiayaan tersebut denganengamankan pelaku berinisial Dkr dan DD serta mengamankan barang bukti. Penangkapan dilakukan Tepatnya pada hari Kamis tanggal 17 Agustus 2023, Bebarapa langkah upaya pengamanan yang di Lakukan Polres pesisir barat untuk menjaga situasi pesisir barat agar tetap kondisif.

pada saat Tim Polda Lampung bertemu Sekda Pesisir Barat sdr JON EDWAR menyampaikan bahwa pemerintah Kab Pesisir Barat akan mengambil sikap dan akan membentuk tim penyelesaian konflik sengketa antara PT KCMU dan kelompok masyarakat yg diketuai Cak Nur bergabung bersama Pambers dalam waktu secepatnya sehingga penyelesaian konflik lahan dapat diselesaikan dengan baik serta saat ini masing masing pihak bersedia menahan diri dan tidak melakukan upaya kekerasan untuk menciptakan situasi kondisif.(*)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!