Hadapi Pemilu, Polres Malinau Gelar Latihan Dalmas

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Kepolisian Resor (Polres) Malinau kembali menggelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dalam rangka mewujudkan kondusifitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kabupaten Malinau menjelang Pemilu 2024 mendatang, Kamis (3/8).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.I.K., M.H., saat memimpin langsung kegiatan latihan pagi ini mengungkapkan, latihan Dalmas ini adalah bentuk kesiapsiagaan Polres Malinau dalam menghadapi Pemilu serentak 2024 mendatang yang saat ini sudah dimulai berbagai tahapanya.

“Meskipun dibawah terik matahari yang cukup menyengat, namun semangat berlatih personel kami tidak pernah surut. Latihan ini sangat perlu dilakukan sebagai simulasi penanganan situasi Pemilu dalam eskalasi tertentu. Sebelum latihan juga, para personel terlebih dahulu melaksanakan apel untuk pengecekan kesiapsiagaan dan kelengkapan yang akan digunakan,” ungkap AKBP Heru

Dalam kegiatan latihan Dalmas pagi ini, Kasat Samapta Polres Malinau IPTU Isak Pangala, S.E., bersama instruktur pelatihan PS. Kanit Dalmas BRIPKA Frans Reno juga turut hadir memberikan materi-materi pelatihan kepada para personel.

Ditambahkan Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.I.K., M.H., dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini, secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan personel saat menghadapi massa. Selain itu, nantinya dapat membentuk mental emosional yang stabil yang artinya para personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik.

“Kepada para peserta latihan ikuti kegiatan dengan semangat, pahami dan aplikasikan segala materi yang di berikan pelatih atau instruktur dalam pelaksanaan tugas Kepolisian nantinya,” tambahnya

Pelatihan yang digelar pagi ini difokuskan pada latihan fisik, Dalmas awal dan Dalmas lanjut, dimana diawali dengan teori dasar-dasar sikap Dalmas lanjut diantaranya sikap ditempat dengan menggunakan perlengkaan Dalmas dan sikap pindah tempat serta formasi Dalmas.

“Latihan ini merupakan kegiatan rutin sesuai waktu yang ditentukan dan dilakukan secara terus menerus serta berkelanjutan dalam meningkatkan kemampuan personel khususnya agar lebih siap mengamankan rangkaian Pemilu 2024 mendatang. Jadi saya harap latihan ini dapat mempersiapkan personel yang lebih matang dan professional dalam bertugas dilapangan nantinya,” tutupnya. (CS)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!