Kapolres Sekadau Hadiri Pembukaan Pekan Gawai Dayak XII Tahun 2023

SEKADAU, Polda Kalbar – Pekan Gawai Dayak XII kabupaten Sekadau Tahun 2023, yang dipusatkan di rumah Betang Youth Center, Jl. Panglima Naga, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, secara resmi dibuka oleh Bupati Sekadau, Aron, ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali, pada Selasa, (18/7/2023).

Pembukaan PGD XII ini diawali dengan pawai budaya pada pukul 07.00 WIB, dengan diikuti ratusan peserta DAD dari 7 Kecamatan, sanggar seni, paguyuban sub suku Dayak, SKPD, Ormas, Mahasiswa dan juga para pelajar.

Kapolres Sekadau, AKBP Suyono turut hadir mendampingi Bupati Sekadau saat pelepasan rombongan pawai Budaya.

Peserta pawai budaya mendapat pengawalan dari patroli R4 dan R2 Satlantas Polres Sekadau, selain itu untuk kelancaran arus lalulintas disepanjang rute yang dilewati, disiagakan personel pengamanan menyebar pada titik lokasi yang ditentukan.

Pembukaan Pekan Gawai Dayak XII yang mengusung tema “Bersatu Untuk Semua Dengan Persatuan Kita Wujudkan Dayak Yang Maju, Bermartabat dan Berdaulat” ini dihadiri oleh Gubernur Kalbar diwakili Asisten II, Ignatius, Ketua DAD provinsi Kalbar Cornelius Kimha, unsur Forkopimda dan tamu undangan.

Pekan Gawai Dayak XII Kabupaten Sekadau akan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 18 hingga 22 Juli mendatang. Beragam acara seperti seminar budaya, lomba – lomba kesenian dan tari kreasi, serta pemilihan Bujang Dara akan ditampilkan selama acara Gawai. Stand-stand UMKM yang menyediakan aneka makanan, minuman maupun kerajinan khas juga turut memeriahkan acara Gawai.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Sekadau AKBP Suyono mendukung penuh dan berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama Gawai berlangsung, dengan menerjunkan ratusan personel kepolisian untuk mengamankan acara.

“Apalagi tema gawai dayak ke-XII Kabupaten Sekadau tahun 2023 ini adalah Bersatu untuk Semua, ini sangat tinggi nilainya membawa nilai positif buat kami,” ucap Kapolres Sekadau.

Kapolres juga meminta agar pihak panitia Gawai Dayak ke-XII agar bersinergi dengan pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan Gawai Dayak berlangsung, terutama pada acara pembukaan dan malam penutupan.

“Pekan Gawai Dayak merupakan moment untuk memperkenalkan budaya dan tradisi masyarakat Dayak kepada masyarakat luas, mari kita sukseskan acara ini dengan suasana yang aman dan lancar,” kata Kapolres. (Cs)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!