Apel Satkamling Polres Sanggau Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024

Sanggau, Polda Kalbar – Polres Sanggau menggelar kegiatan Apel Satkamling dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024. Kegiatn dilaksanakan di Halaman Polres Sanggau Jl. Jend Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Bertindak selaku Inspektur Apel yaitu Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K., M.A.P, dan dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius, S.Sos, Kepala Rutan Kelas II B Sanggau Acip Rasidi, A.Md.I.P., Pasi Ops Kodim 1204 Sanggau Kapten Inf Yunus, Perwakilan Pengadilan Negeri Sanggau, PJU Polres Sanggau, Pleton Personil Polres Sanggau, Pleton Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran, Pleton Linmas, Pleton Polsuspas Rutan Kelas II B Sanggau, Pleton KPH Kabupaten Sanggau dan Perwakilan Ketua RT Se-Kabupaten Sanggau.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Wakapolres Sanggau, mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Korbinmas Baharkam Polri serta seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Apel Satkamling ini.

“Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” ucapnya.

Kapolri mengatakan bahwa Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita 3 luhur bangsa Indonesia. Tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

Untuk itu, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pam swakarsa.

“Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling. Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa,” jelasnya.

Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa 4 sebagai landasan hukum dan penegasan tugas serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan Satkamling. Dengan hadirnya berbagai dasar hukum ini, diharapkan penyelenggaraan Satkamling dalam menjaga keamanan dan ketertiban dapat berjalan semakin maksimal.

“Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif,” ungkap Kapolri.

Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri, karena Awak Satkamling baik Ketua maupun Pelaksananya adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili. Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama.

Oleh karena itu, Lanjut Wakapolres Sanggau membacakan Amanat Kapolri, solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling. Selain itu, Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal.

Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masingmasing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama.

“Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama,” katanya.

Berdasarkan data Satkamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023, menunjukkan bahwa dari total 230.028 Pos Satkamling, hanya 60% yang aktif atau sebanyak 134.753 Pos Satkamling, sedangkan 95.275 Pos Satkamling dinyatakan tidak aktif.

Oleh karena itu, diperlukan peran dari seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan upaya Revitalisasi Satkamling, dengan mengaktifkan serta memberdayakan kembali Satkamling yang ada di lingkungannya masingmasing, maupun membentuk Satkamling baru sesuai target yang telah disepakati bersama.

Selanjutnya sebagai upaya akselerasi, Polri telah mengadakan lomba Satkamling mulai tingkat Polres, Polda hingga nasional. Saya ucapkan selamat bagi para pemenang tingkat Polres dan Polda yang akan diumumkan setelah pelaksanaan apel ini.

Terus lakukan perbaikan dan tingkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat semakin menggelorakan dan menumbuhkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara kamtibmas mulai dari lingkungan sendiri,” ucap Wakapolres Sanggau.

Polri juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para Awak Satkamling melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya mengucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Awak Satkamling, serta segenap stakeholder terkait lainnya yang telah membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya. Kepada rekan-rekan Awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas. Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada rekan-rekan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu 8 dijaga, karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaan Apel Satkamling dilakukan Penyerahan Hadiah Lomba Poskamling di Jajaran Polres Sanggau diantaranya Juara 1 diraih Poskamling RT 15/06 Kel. Bunut Kecamatan Kapuas, Juara 2 diraih Poskamling Komplek BTN Indah Desa Balai Karangan III Kecamatan Sekayam dan Juara 3 diraih Poskamling Dusun Teraju Timur Desa Teraju Kecamatan Toba.

Usai kegiatan Wakapolres Sanggau Kompol Kombo mengatakan bahwa Apel Satkamling Polres Sanggau dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024, Satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!