Wujudkan Desa Siaga Kanit Binmas Polsek Takokak polres cianjur dan Babinsa Hadiri Forum Kesehatan Desa di hari ke 3

Forum Kesehatan Desa (FKD)  merupakan wadah partisipasi bagi masyarakat dalam mengembangkan pembangunan kesehatan di tingkat desa. Bertempat di Balai desa Cisujen kecamatan Takokak kabupaten Cianjur, Kanit Binmas Polsek Takokak Polres Cianjur menghadiri rapat koordinasi dan pembinaan anggota FKD dan kader program kerja 2023, yang di ikuti sekitar 30 orang, Rabu (03/05/2023).

Tenaga Kesehatan Desa Cisujen sebagai lembaga perwakilan masyarakat yang aktif mendorong kebijakan di tingkat desa dalam rangka pelayanan dasar kesehatan, sehingga tercapai Petekeyan yang sehat.

Sementara Ketua FKD Fathurahman SPd menjelaskan bahwa dengan adanya FKD ini bisa meningkatkan kesehatan warga masyarakat. FKD bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. “Fungsi dari FKD sebagai untuk mengembangkan  sistem kesehatan desa yang meliputi  kegiatan gotong royong masyarakat, upaya kesehatan, pengamatan dan pemantauan kesehatan (surveling), dan pembiayan kesehatan. Selain itu, FKD juga sebagai wadah untuk merumuskan dan memecahkan masalah kesehatan di desa.” ujarnya.

Menirut Bapak Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan melalui Kapolsek Takokak AKP Deden Dang Diki menyampaikan bahwa FKD sebagai bentuk upaya untuk menjadi Desa Siaga. Desa Siaga itu sendiri adalah bentuk pelayanan kesehatan berbasis masyarakat yang merupakan upaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di desa sekaligus memberdayakan masyarakat. “Kami dari Polsek Takokak, akan selalu mendukung terwujudnya Desa Siaga dengan masyarakat desa yang sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya,” paparnya

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!