Pemkab Bersama Forkopimda Indramayu Ikuti Pembukaan Peringatan Puncak Hari Anti Korupsi Sedunia 2022

Indramayu,-GemilangNews.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu mengikuti kegiatan puncak peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2022 yang digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara virtual.

Peringatan puncak Hakordia 2022 diikuti secara daring di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu, Jumat (9/12/2022). Dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Indramayu Jajang Sudrajat yang dalam hal ini mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina, Inspektur pada Inspektorat Indramayu Ari Risdianto, serta Forkopimda Kabupaten Indramayu, kepala perangkat daerah dan camat se-Indramayu.

Peringatan Hakordia Tahun 2022 ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma’ruf Amin dan dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hakordia yang dilaksanakan setiap tahun merupakan momentum untuk bersama-sama mengingat bahwa korupsi merupakan musuh seluruh bangsa.

“Korupsi juga menjadi musibah global, sama halnya dengan Covid-19. Dimana, seluruh negara mengakui bahwa korupsi merupakan sumber dari berbagai persoalan,” tuturnya

Ma’ruf Amin menilai, korupsi sangat memiliki peluang untuk dapat menghancurkan segala pencapaian Indonesia, khususnya perjuangan untuk pulih dari krisis, baik itu disebabkan oleh munculnya beragam tantangan baru di bidang ekonomi, politik, sosial maupun lingkungan hidup.

“Penerapan tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik serta diselenggarakan secara menyeluruh dapat menghindarkan dari terjadinya korupsi,” ungkapnya.

Sehingga untuk melakukan tindak pencegahan korupsi, maka sumber daya yang bernilai tinggi harus dikelola dengan baik dan digunakan demi kepentingan rakyat, serta menghindari perilaku memperkaya individu, kelompok atau korporasi.

Oleh karena itu, Wapres RI Ma’ruf Amin mendorong, segala upaya pemulihan sosial ekonomi nasional dengan dukungan dari semua pemangku kepentingan, termasuk KPK agar tidak tumbang oleh perilaku koruptif.

Sementara itu Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengungkapkan, korupsi masih menjadi permasalahan mendasar yang dihadapi Indonesia. Sehingga perlu keterlibatan semua pihak dalam memberantasnya.

“Kita wujudkan Indonesia negeri bebas dari korupsi,” ujarnya.

Firli juga menyebut Hakordia 2022 yang bertajuk Indonesia Pulih, Bersatu Lawan Korupsi, sejalan dengan tema G20 di Bali Recover Together, Recover Stronger serta tema peringatan HUT ke-77 RI Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

“Kita jadikan korupsi musuh kita bersama,” katanya.

Dirinya juga mengatakan, dalam pemberantasan korupsi, KPK mengedepankan strategi pendidikan, pencegahan, serta penindakan.

“Bersama KPK, mari wujudkan Indonesia pulih, bersatu melawan korupsi,” pungkasnya.

Selanjutnya Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jajang Sudrajat mengucapkan, selamat memperingati Hakordia Tahun 2022. Menurut Asda Jajang, dalam momentum ini Pemerintah Kabupaten Indramayu terus mendorong segala kebijakan pemerintah pusat khususnya dalam mencegah Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Penulis- Didi saputra

Redaktur- Admin GemilangNews

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!